Perekrutan Panwas Diminta Tidak Asal-asalan

Bagikan ke Google Plus
Elminus B Mom
SAPA (TIMIKA)  - Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Mimika, Elminus B Mom, mengimbau Tim Seleksi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) agar tidak asal-asal dalam merekrut calon anggota Panwas. 

Kata Elminus, tugas, wewenang, dan kewajiban Panwas berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011, tentang Penyelenggara Pemilu adalah mengawasi Penyelenggaraan Pemilu, dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran, untuk terwujudnya Pemilu yang demokratis. Untuk itu dalam seleksi Panwaslu yang dilakukan oleh tim seleksi harus profesional. 

"Jangan asal-asal lagi. Kalau tidak masalah akan seperti sekarang," kata Elminus saat ditemui wartawan dikantor DPRD Mimika jalan Cenderawasih, Selasa (11/7). 

Lanjut dia, anggota Panwaslu yang akan menjalankan tugas nanti, diharapkan yang benar-benar mengerti tugasnya dan sungguh-sungguh menjalankan fungsinya, mulai dari proses penyelenggaraan sampai pada hasil penetapan Pemilu. Termasuk harus memahami kondisi Mimika dan kemungkinan-kemungkinan yang rawan timbul pelanggaran.

Sekaligus juga mengerti dengan kebiasaan masyarakat di daerah khususnya budaya Papua harus diketahui, bahwa satu suara masyarakat itu sangat berharga. Apalagi kalau banyak. Sehingga tugas Panwas adalah mengawasi kemungkinan-kemungkinan adanya kecurangan yang merugikan pasangan calon terutama masyarakat. 

Mengenai anggaran yang sampai saat ini belum tersedia untuk proses seleksi Panwaslu. Elminus juga berharap agar ada perhatian dari Pemda Mimika, mengingat ini adalah hajatan daerah. Sehingga memungkinkan bagi daerah untuk memberikan bantuan dalam bentuk hibah. 

"Tidak masalah kalau memang ada anggaran, pemerintah membantu penyelenggara. Sehingga proses Pemilukada yang tahapannya sedang berjalan tidak tersendat dikarenakan ketiadaan anggaran," katanya.(Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment