Perwakilan Kantor Pertanahan Bakal Dibuka di Agats

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) - Kantor Pertanahan Kabupaten Merauke berencana membuka kantor perwakilan di Agats, Kabupaten Asmat. Hal itu dimaksud untuk mendekatkan pelayanan persertifikatan bagi masyarakat di kabupaten tersebut.
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Merauke, Yulianus Keagop mengatakan, saat ini pihaknya belum memiliki kantor perwakilan di tiga kabupaten yang menjadi wilayah kerjanya, yakni Asmat, Boven Digoel dan Mappi.
“Belum ada perwakilan. Pelayanan di daerah-daerah itu, pertama karena ada permintaan pemerintah. Kedua, ada kegiatan yang menyangkut dengan persertifikatan massal,” kata Yulianus, belum lama ini.
Selain itu, terang dia, pelayanan persertifikatan atau pendaftaran tanah ke kabupaten-kabupaten pemekaran juga tergantung dari permohonan yang masuk. Jika permohonan banyak, barulah pihaknya menjangkau kabupaten pemekaran.
“Kalau biaya pendaftaran dan biaya pemeriksaan tanah itu sudah diatur oleh peraturan pemerintah, yang jadi masalah bagi kita itu biaya transport dan akomodasi. Sehingga kami tidak rutin datang,” terangnya.
Pihaknya berupaya agar kedepan setiap kabupaten pemekaran terdapat kantor perwakilan. “Untuk Boven Digoel dan Mappi mungkin kantor cabang. Sedangkan Asmat, kantor perwakilan,” kata Yulianus.
Guna memberikan pelayanan persertifikatan di kabupaten pemekaran, ia juga berharap adanya kontribusi atau perhatian dari pemerintah daerah, terutama menyangkut biaya transportasi dan akomodasi tim.

“Memang ada program sertifikat gratis dari pemerintah pusat, yang mana biaya pendaftaran, pengukuran dan pemeriksaan tanah ditanggung oleh negara, APBN. Tapi itu biaya itu tidak bisa memback-up daerah-daerah terjauh,” katanya, seraya menambahkan pengusulan kantor perwakilan maupun cabang tetap di ajukan ke pusat sesuai mekanisme yang berlaku. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment