PN Timika Kekurangan Hakim

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Jumlah tenaga hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika masih tak seimbang dengan perkara yang ditangani. Dengan kekuatan empat orang hakim di PN Kota Timika saat ini, masih jauh dari jumlah ideal.

"Idealnya PN Timika harus memiliki sembilan hakim, kita cuma empat. Ketua, wakil dan dua anggota," kata Ketua PN Timika, Relly D Behuku, SH., MH saat diwawancara awak media dikantornya, Selasa (25/7).

Minimal, menurut dia, PN Timika memiliki lima orang tenaga hakim anggota. Sebab, masalah kekurangan hakim sangat berpengaruh terhadap penyelesaian perkara dari kasus-kasus yang ditangani.

"Hakim kan juga manusia, misalnya sakit. Apalagi kondisi daerah ini gampang malaria," ujarnya.
Kondisi kekurangan hakim di PN Timika, juga membuatnya sebagai Ketua Pengadilan dan anggota Forkompinda kesulitan membagi waktu, dalam menghadiri undangan-undangan dari instansi lain.

"Bayangkan saya harus membagi waktu untuk melihat kantor dan sidang. Belum lagi yang lain. Makanya banyak undangan yang saya tidak hadiri," ungkap Relly.

Kantor PN Timika saat ini sedang menuju akreditasi. Salah satu yang dibenahi adalah manajemen atau kecepatan penyelesaian perkara.

Meski kondisinya kekurangan hakim, saat ini PN Timika bisa menyelesaikan perkara dalam sehari, padahal sebelumnya harus memakan waktu sampai lima hari. (Markus Rahalus)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment