Ratusan Guru Ikut Bimtek Implementasi K13

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Ratusan guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Mimika, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi Kurikulum 2013 (K13). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua, selama kurang lebih satu pekan di Sentra Pendidikan SP 5, Senin (17/7).
Ketua Panitia LPMP Provinsi Papua, Muhammad Arifin dalam memaparkan materi disampaikan bahwa, bimtek ini dilakukan untuk  meningkatkan kemampuan peserta, agar dapat mengimplementasikan K13 sesuai dengan konsep, strategi, dan karakteristik.  Selain itu juga untuk meyiapkan guru-guru sasaran  agar mampu mengimplementasikan K13 yang meliputi perencanaan,pelaksanaan serta penilaian dengan baik dan benar.
Arifin menambahkan, dengan kebijakan pemberlakuan K13 dan kurikulum 2006 atau KTSP melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan, nomor 160 tahun 2014 yang dimaksudkan agar penerapan K13 disetiap satuan pendidikan dapat dilaksanakan secara terencana dengan persiapan yang lebih matang.
Dijelasakan, bimtek terdiri atas dua tahap yaitu, bimtek penyegaran instruksi dan bimtek implementasi kurikulum bagi guru sasaran.
“Dengan digunakannya model seperti ini diharapkan bimtek implemetasi K13  dapat berlangsung lebih efektif dan efisien serta membawa manfaat yang lebih besar,”ungkapnya.
Terkait hal tersebut menurut Arifin, hasil yang diharapkan dari Bimtek adalah guru sasaran bisa menguasai  materi dan mampu melaksanakan K13 serta dapat melakukan pendampingan implementasi K 13 ditempat masing-masing.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen) Mimika,  Armin Wakerkwa dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi kepada tim LPMP Papua. Sebab menurutnya, bimtek merupakan sesuatu yang sangat penting untuk bisa memberikan penyegaran atau tambahan ilmu kepada semua guru.
Armin mengakui, menjalankan implementasi sebuah kurikulum bukan hal yang mudah namun harus dikuasai mulai dari tahapan perencanaan hingga mengeksekusi.

“Saya sangat bersyukur dengan bimtek yang dilakukan oleh LPMP karena bisa memberikan dampak yang baik bagi semua guru di Mimika. Saya harap semua peserta bisa memahami dan mampu mengimplementasikan bimtek tersebut,” tutur Armin. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment