Satgas TMMD mengajar di SD Aroa

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Anggota satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1711/Boven Digoel (Bvd) menjadi guru untuk memberikan pelajaran kepada murid-murid SD Negeri persiapan Kampung Aroa, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Komandan satuan setingkat kompi (SSK) Satgas TMMD ke-99 Kodim 1711/BVD, Mayor Inf Suwandi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, mengatakan Kopral Dua Ketut yang membantu mengajar ilmu-ilmu dasar matematika dan bahasa Indonesia, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan kepada murid-murid di SD tersebut.

"Jadi, TMMD itu kan bukan saja untuk kegiatan fisik, tetapi ada kegiatan non fisik, salah satunya membantu mengajar di SD di Kampung Aroa," katanya, Rabu (26/7).

Dalam memberikan materi pelajaran, kata dia, Kopral Dua Ketut membawakan dengan santai dan ringan dengan harapan murid-murid SD Negeri persiapan Kampung Aroa bisa cepat memahami dan mengerti, meskipun berseragam loreng.

"Murid-murid terlihat antusias menyambut Kopral Dua Ketut mengajar, mereka bersemangat ketika menyanyikan lagu-lagu kebangsaan," katanya.

Selain memberikan materi pelajaran, Suwandi mengaku bersama Kopral Dua Ketut memberikan latihan peraturan baris berbaris (PBB) kepada murid-murid SD.

"PBB merupakan suatu bentuk latihan fisik yang diperlukan setiap murid sekolah guna menanamkan kebiasaan dalam hal tata cara kehidupan yang telah diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu,"katanya.

Latihan PBB ini sebenarnya bisa untuk menumbuhkan sikap jasmani para murid agar lebih tegap dan tangkas, serta latihan PBB ini juga bisa untuk menumbuhkan rasa persatuan, rasa tanggung jawab dan meningkatkan kedisiplinan yang tinggi.

"Selain itu latihan PPB ini juga bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap murid tentang solidaritas sesama teman. Materi PBB yang diberikan mengenai pengetahuan dasar tentang baris berbaris yang diperagakan oleh Kopda Ketut yaitu gerakan sikap sempurna, lencang kanan, penghormatan dan sikap istirahat," kata Suwandi.

Salah satu guru SD Negeri persiapan Kampung Aroa, Adolof mengaku sangat terbantu dengan adanya personil Satgas TMMD dari Kodim 1711/Bvd yang menjadi guru dan melatih PBB kepada murid-muridnya.

"Ucapan terima kasih kami ucapkana atas kehadiran anggota Satgas TMMD Kodim 1711/Bvd di Kampung Aroa dan semoga kedepannya TNI tetap jaya demi mempertahankan NKRI," katanya. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment