Satlantas Gandeng Dishub Lakukan Penertiban Angkutan Umum

Bagikan ke Google Plus
Satlantas Polres Mimika dan Dishub saat melakukan razia kendaraan
SAPA (TIMIKA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mimika bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Mimika melakukan penertipan kendaraan angkutan umum kota di sepanjang Jalan Cendrawasih lampu merah SP 2 simpang 3 menuju SP 5, Kuala Kencana dan Timika, Kamis (13/7).

“Kita kerja sama dengan rekan-rekan dari Dishub melaksanakan penertiban bagi kendaraan yang tidak pernah lakukan uji KIR. Termasuk yang tidak perpanjang ijin trayek mereka,” kata Kasat Lantas Polres Mimika, Sam D Tatiratu saat diwawancarai usai melakukan penertipan.

Tatiratu mengatakan, penertipan ini dilakukan guna mengantisipasi tingkat kecelakaan. Terutama yang terjadi pada pengendara roda empat yang disebabkan  kondisi kendaraan yang tidak memenuhi persyarakat atau lulus tes uji kelayakan.

“Yang kami prioritaskan  kendaraan roda empat. Karena banyak kasus kecelakaan memang kendaraan mereka yang tidak layak, biasanya kondisi rem blong. Kami usahakan  semua harus lulus uji KIR,”ujarnya.

Dia mengakui dalam penertiban itu tidak melakukan penilangan melainkan memberikan Surat Tanda Penyitaan (STP) terhadap STNK.  Apabila yang bersangkutan membawa kendaraan dengan plat luar daerah dan tidak membawa foto copy BPKB. Ini dilakukan untuk menjaring kendaraan-kendaraan yang terdindikasi tidak memiliki kelengkapan identitas.

“Misalnya ada kendaraan hanya miliki STNK tapi tidak ada BPKB. Itu yang kita amankan STNK nya saja dengan harapan pengendara bisa segera menunjukkan foto copy BPKB nya. Ini supaya kendaraan luar yang belum memenuhi sarat tidak bebas masuk Timika,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengendara roda dua terutama yang tidak menggunakan helm agar bisa lebih memperhatikan hal tersebut.

“Hari ini hanya sebatas mendidik masyarakat saja. Kami himbau dan tegur, kecuali memang kendaraan yang kami curigai tidak memiliki surat-surat, maka akan langsung kami amankan,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment