Singapura Bantu Pengembangan Pariwisata Kota Pekanbaru

Bagikan Bagikan


SAPA (PEKANBARU) - Pemerintah Singapura menawarkan diri untuk membantu mengembangkan pariwisata di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, melalui sejumlah program yang telah dikembangkan di negeri Singa tersebut. 

"Banyak kemungkinan yang bisa dikembangkan bersama (dalam meningkatkan pariwisata). Salah satunya adalah industri berbasis MICE (meeting, incentive, convention and exhibition)," kata Menteri Senior Singapura Bidang Pertahanan dan Luar Negeri Dr Mohammad Maliki Bin Osman kepada Antara di Pekanbaru, Rabu (26/7). 

Maliki menyampaikan hal tersebut usai bertemu dengan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT. Ia mengatakan banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, salah satunya adalah pengembangan pariwisata di Kota Bertuah itu. 

Maliki mengaku dirinya mengagumi rencana pengembangan Kota Pekanbaru ke depan. Menurut dia, Kota Pekanbaru memiliki potensi besar, yang bisa dikembangkan bersama dengan Singapura. 

Dalam pengembangan Industri MICE atau Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran, dia mengatakan salah satu upaya awal yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan kepada ASN Pemko Pekanbaru di Singapura. 

"Bisa dimulai dengan memberikan pelatihan (ASN) ke Singapura untuk mempelajari sistem dan fasilitas MICE," urainya. 

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyambut baik tawaran Pemerintah Singapura dalam mengembangkan pariwisata di Kota Pekanbaru. Dirinya berharap dapat menjaring banyak pengalaman dan tentunya menjaring turis asal negeri Singa itu sendiri untuk berkunjung ke Pekanbaru. 

"Saya berharap nanti seluruh komponen, baik pemerintah maupun swasta dapat saling berkomunikasi. Kita dorong, misal ada event dapat kita sinergikan sehingga menarik untuk dikunjungi," jelasnya. 

Lebih jauh, ia mengatakan kondisi geografis Kota Pekanbaru dengan Singapura yang cukup dekat harus dapat dimaksimalkan dengan baik ke depannya. 

Maliki telah dua hari berada di Provinsi Riau. Sebelum bertemu dengan Wali kota Pekanbaru, Maliki juga telah bertemu dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sehari sebelumnya. 

Dalam pertemuan itu, Maliki menuturkan tertarik dalam pengolahan lahan gambut untuk pertanian. Singapura tertarik mempelajari dan meneliti lebih lanjut tanaman pangan apa yang cocok untuk lahan gambut seperti di Riau. Khusus untuk wisata, dia juga berharap agar Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi Riau serius membenahi infrastruktur ke objek-objek wisata agar wisatawan tertarik untuk datang. (Ant)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment