Timika Diguyur Hujan Lebat Hingga September

Bagikan Bagikan
Forecester BMKG Timika Steven Yawan
SAPA (TIMIKA) - Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika Steven Yawan mengatakan, hujan lebat yang terus mengguyur Timika selama seminggu terakhir diperkirakan akan berlangsung hingga bulan September, disebabkan adanya daerah tekanan rendah dibagian utara Papua. 

"Memang benar terjadi hujan lebat sudah seminggu ini, dan akan berlangsung dari Juni sampai September," kata Steven saat ditemui Salam Papua di kantor BMKG di jalan Airport, Senin (10/7). 

Steven menjelaskan, guyuran hujan lebat karena adanya tekanan rendah di wilayah utara Papua ditambah lagi dengan wilayah Mimika yang memiliki pegunungan tinggi. Hal tersebut yang membuat Timika diguyur hujan dengan intensitas lebat dari sore hingga dini pagi hari. 

"Diwilayah utara Papua ada daerah tekanan itu yang membuat intensitas hujan meningkat," katanya. 

Sementara itu untuk prediksi cuaca di Mimika, Steven menjelaskan bahwa untuk beberapa minggu ke depan Timika masih diguyur hujan dengan intensitas hujan ringan, sedang hingga lebat dalam waktu yang panjang. Artinya bisa saja hujan tersebut mengguyur Timika selama sehari penuh. 

 Karena itu, Steven mengimbau kepada masyarakat Mimika yang sering mengendarai roda dua agar berhati-hati terutama di sore dan malam hari, karena Timika akan diguyur hujan. 

Sementara itu untuk kondisi di perairan, jelas Steven, tinggi gelombang di perairan Mimika diperkirakan dari 0,50 cm hingga 1 meter, gelombang tersebut tidak berpengaruh pada kapal besar dan sedang, namun sangat beresiko bagi kapal kecil atau perahu. Steven mengimbau kepada para nelayan agar tidak melaut, karena kondisi perairan yang tidak bersahabat. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment