TNI Berikan Ceramah Bela Negara Kepada Pelajar

Bagikan Bagikan


SAPA (JAYAPURA) - Prajurit TNI yang bertugas di perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) dari satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) Yonif 410/Alugoro (Alg) berikan ceramah bela negara kepada peserta didik baru tingkat SMA di Kabupaten Keerom, Papua.

Perwira pembina mental (Pabintal) Yonif 410/Alg Lettu Inf P Siagian ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis (20/7), mengatakan ceramah bela negara itu untuk memeberikan pemahaman yang baik dan benar kepada peserta didik baru dalam program pengenalan lingkungan sekolah tahun ajaran 2017 di SMAK ST Amoldus Jansen, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom.

"Jadi, ceramah bela negara ini untuk mendukung visi misi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Keerom, yakni menghasilkan SDM Keerom, yang cerdas, terampil, kompetitif, berkepribadian dan bermoral untuk mendukung pembangunan daerah," katanya.

Selain memberikan ceramah bela negara, kata dia, peserta didik baru di SMAK Amoldus Jansen juga diberikan latihan peraturan baris berbaris dan materi tentang Pancasila yang dibawakan oleh Lettu Chb Anggit Anggoro.

"Kan tujuan diadakan pengenalan lingkungan sekolah itu untuk membentuk pemuda yang berkarakter disiplin, tangguh, tanggap dan berkepribadian sehingga visi dan misi tercapai. Sehingga untuk membentuk pemuda yang berkarakter, maka diberikan materi PBB dan Pancasila, selain ceramah bela negara,"katanya.

"Ceramah bela negara dengan tujuan agar para siswa mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI. Sedangkan ceramah Pancasila bertujuan agar jiwa Pancasila para siswa tidak luntur dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang ingin mengganti idiologi Pancasila dengan idiologi lain," sambungnya.

Selama kegiatan pengenalan lingkungan sekolah khususnya ketiga materi yang diberikan tersebut, berlangsung aman dan di dukung serta diawasi oleh tim Kesehatan Satgas yang dipimpin oleh Letda Ckm Sapuwan.

Sementara itu, Kepala SMAK ST Amoldus, Hermanus Mean Tupen, S.Ag menyampaikan banyak terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 410/Alg atas keterlibatan dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang berjalan dengan aman, lancar dan suskses. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment