UI-Unipa Kerja Sama Kembangkan Pendidikan Dokter

Bagikan Bagikan



SAPA (DEPOK) - Universitas Indonesia (UI) kembali menjalin kerja sama dengan Universitas Papua (Unipa) serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pengampuan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unipa.

"Diharapkan melalui terselenggaranya kerja sama antara Pemerintah Provinsi Papua Barat, UI dan Unipa ini maka dapat mewujudkan pendidikan kedokteran yang bermutu yang pada akhirnya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Papua Barat" kata Rektor UI Prof Muhammad Anis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/7).

Sebelumnya, FKUI telah menjalankan amanat pengampuan di sejumlah Fakultas Kedokteran di Indonesia diantaranya Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Bengkulu, Universitas Palangkaraya dan lainnya.

Dikataknnya keberhasilan pengampuan ini akan mampu menciptakan pemerataan pendidikan kedokteran yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran.

Pengampuan yang FKUI berikan kepada Program Studi Pendidikan Dokter Unipa meliputi pembinaan atau pelatihan terhadap dosen (tenaga akademik), pembinaan dalam menyelanggarakan kegiatan akademik bagi peserta didik.

Selain itu juga menetapkan penilaian kelengkapan dan/atau persyaratan administrasi dan/atau ujian seleksi masuk calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unipa, menyediakan kurikulum atau modul yang diberikan kepada peserta didik dan pembinaan manajemen sistem kegiatan akademik.

Kolaborasi ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Rektor Universitas Indonesia Prof.

Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met dan Rektor Universitas Papua Dr. Ir. Jacob Manusawai, MH pada Selasa (25/7) di Gedung D Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Perjanjian kerjasama ini merupakan kelanjutan Perjanjian Kerjasama yang telah disepakati pada tahun 2014. No. 629/UN.42/KS/2014; 140/PKS/FK/UI/2014; 552/767 antara Universitas Papua, Universitas Indonesia dan Pemerintah kabupaten Sorong.

Saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Papua dalam pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah memiliki 3 angkatan mahasiswa.

Ketiga pihak yang terlibat dalam perjanjian yang difasilitasi oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, telah menyepakati untuk mengembangkan pendidikan kedokteran di Universitas Papua yang memiliki keunggulan di bidang ilmu penyakit tropik dan infeksi, travel medicine, dan kedokteran kelautan. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment