Wabup Minta Anggaran HUT RI di Maksimalkan

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Yohanis Bassang, SE., M.Si, secara resmi membuka rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 72 di Kabupaten Mimika, Jumat (28/7), di Graha Eme Neme Yauware.
Pembukaan rangkaian HUT RI diawali apel bersama yang dipimpin wabup dihalaman Graha Eme Neme Yauware. Selanjutnya melaksanakan jalan santai disertai aksi bersih kota pada rute jalan santai yang dilalui peserta jalan santai.

Kegiatan jalan santai diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika serta stakeholder. Jalan santai mengambil rute dari Graha Eme Neme Yauware melalui Jalan Budi Utomo, Jalan Cenderawasih, Jalan Yos Sudarso, Jalan Belibis dan kembali ke halaman Graha Eme Neme Yauware. Selain jalan santai, digelar juga pengobatan massal, donor darah dan pemeriksaan VCT.

Dalam arahannya, wabup menyampaikan peringatan HUT  RI yang dilaksanakan setiap tahun adalah tanggungjawab, dan wajib hukumnya diperingati oleh seluruh warga yang ada dan hidup di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini wajib hukumnya untuk warga negara Indonesia, karena tidak mungkin negara lain yang memperingati,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, wabup mengingatkan kepada panitia HUT RI agar dapat melaksanakan seluruh kegiatan rangkaian HUT RI dengan baik. Diantaranya, memanfaatkan sumber daya yang ada agar kegiatan dapat terlaksanakan secara optimal. Apalagi menyangkut anggaran maupun jenis kegiatan yang dilaksanakan.

“Kepada panitia khususnya menyangkut anggaran. Apa yang didapat agar dimaksimalkan. Jangan seperti sebelumnya ada pengaduan-pengaduan karena belum terbayar, tahun ini saya tidak mau dengar lagi,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, ketua panitia HUT RI Demianus Katiop menjelaskan, pembukaan rangkaian kegiatan HUT RI sebelumnya telah dibahas panitia secara bersama. Dalam pembahasannya, sekaligus membahas terkait anggaran yang tersedia dalam Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) tahun 2017 Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Mimika. Jumlahnya sebesar Rp600 Juta.

“Anggaran Rp600 juta tersebut bisa menutupi tiga item komponen kegiatan, seperti seksi upacara sebesar Rp300 juta, seksi konsumsi Rp200 Juta serta seksi dokumentasi dan dekorasi sebesar Rp100 juta,” jelasnya.

Untuk kegiatan jalan santai, bersih kota dan donor darah, di koordinir langsung Dinas Sosial (Dinsos) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan bekerjasama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

“Jadi untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya, akan disesuaikan dengan jadwal seksi penanggungjawab kegiatan,”katanya.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan, berdasarkan arahan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE., MH, agar panitia mencari dana tambahan dari kontraktor maupun perusahan-perusahan lainnya yang menjadi mitra Pemkab Mimika. Untuk saat ini, kata dia, seksi usaha dana telah berhasil mengumpulkan dana dari 160 perusahan swasta mitra Pemkab Mimika sebesar Rp48 juta.

“Secara rinci untuk nama-nama perusahaan yang membantu saya tidak hafal, yang jelas ada 160 perusahaan yang sudah masukkan bantuan,” ujarnya.


Agar dapat mencapai Rp1 miliar, seksi usaha dana diharapkan terus mencari donatur untuk tambahan dana yang jumlahnya kurang lebih Rp220 juta. “Mudah-mudahan kedepanya seksi usaha dana bisa lebih giat lagi,” harap Demianus. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment