Warga Kelurahan Pasar Sentral Diimbau Bersihkan Selokan

Bagikan ke Google Plus
Dominikus Savio
SAPA (TIMIKA) – Kepala Kelurahan Pasar Sentral, Dominikus Savio Teubun mengatakan, disaat hujan-hujan seperti ini sedia payung sebelum hujan adalah hal yang harus dilakukan oleh warganya. Dalam arti, untuk menjaga kebersihan di lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di daerah aliran sungai (DAS).

“Saya imbau kepada semua warga Kelurahan Pasar Sentral, agar membersihkan selokan-selokan yang ada dirumah masing-masing," kata Savio saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya di Kelurahan Pasar Sentral jalan Hasanudin, Rabu (12/7).

Lanjut Savio, ia juga meminta kepada Ketua-Ketua RT dan RW yang memiliki tanggungjawab besar, agar sebisanya menyampaikan hal tersebut ke warganya, untuk bersama-sama membersihkan saluran-saluran air. Sehingga pada saat hujan warga tidak dihantui rasa takut akan bahaya banjir.

"Kepada Ketua RT untuk memberikan imbauan kepada warganya, agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, supaya pada saat musim penghujan banjir tidak meluap," lanjut Savio.

Ia menambahkan, akibat dari kurangnya kesadaran warga akan kebersihan, yang dengan membuang sampah tidak pada tempatnya, membuat air meluap dan membanjiri pemukiman warga. Kondisi ini, seperti yang terjdi di Jalan Hasanuddin Ujung, yang berujung pada pemalangan jalan. Padahal, saat dilakukan peninjauan oleh Pemerintah, terdapat banyak sampah dan kayu yang menyumbat saluran air, sehingga mengakibatkan banjir.

"Banjir yang terjadi di Jalan Hasanuddin Ujung karena banyak sampah di sungai. Sehingga air tidak lancar. Dan pada saat hujan, maka airpun meluap yang mengakibatkan banjir,”jelasnya.

Oleh sebab itu. dirinya meminta agar kebersihan merupakan tanggungjawab bersama yang perlu di jaga, sehingga banjir tidak mengintai kenyamanan warga.

"Kebersihan itu tanggung jawab bersama. Mari kita jaga baik-baik agar tidak menimbulkan masalah," terangnya (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment