WHO Peringatkan Jamaah Calon Haji Waspadai Kolera

Bagikan ke Google Plus

SAPA (JAKARTA) - Kloter pertama jamaah calon haji akan berangkat pada 28 Juli 2017. Sejumlah persiapan termasuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin pun sudah dilakukan agar ibadah haji berjalan lancar. Vaksin berguna untuk mencegah penyebaran penyakit dikarenakan Arab Saudi termasuk negara endemik.
Baru-baru ini, WHO memperingatkan jamaah calon haji mengenai penyebaran penyakit kolera. Di Yaman, kolera telah menginfeksi lebih dari 332.000 orang dan kemungkinan bisa menyebar selama ibadah haji. Menurut WHO, ibadah haji yang setiap tahun selalu menarik jutaan umat Muslim berisiko meningkatkan penyebaran penyakit seperti demam berdarah, demam kuning, virus Zika, meningitis, dan kolera.
“Wabah kolera yang saat ini sangat menyebar di Yaman dan di beberapa negara Afrika bisa berisiko serius bagi calon jamaah haji. Bahkan, saat mereka sudah kembali ke negaranya masing-masing,” ungkap buletin WHO seperti yang dikutip dari Reuters, Senin (17/7).
Salah seorang ahli kolera di WHO, Dominique Legros mengatakan, “Arab Saudi tidak mengalami wabah kolera selama bertahun-tahun berkat pengawasan dan tes cepat untuk mendeteksi kasus lebih awal. Tapi, ketika ibadah berlangsung, Arab Saudi menerima calon jamaah dari banyak negara endemik yang memiliki kemungkinan untuk penyebarannya.”
Walaupun persiapan dari pemerintah Arab Saudi sudah berjalan baik, Legros menyebutkan bahwa kondisi lainnya seperti akses terhadap air yang higienis tetap harus dipastikan. Kolera adalah diare akut yang masa inkubasinya biasanya hanya terjadi beberapa jam. Apabila seseorang menunjukkan gejala penyakit, sebaiknya segera mendapatkan penanganan. Sebab, kolera bisa membunuh dalam hitungan jam jika tidak mendapat pengobatan.
Berdasarkan data WHO, jumlah kasus baru untuk infeksi kolera terus meningkat sebanyak 6.000 per hari. Dalam beberapa pekan terakhir, tingkat kematian akibat penyakit ini mengalami penurunan sebesar 20%-40%. (Okz)


Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment