1700 Keping Kartu Asmat Pintar Diserahkan

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten Asmat bersama  Bank Papua akhirnya merealisasikan program penyaluran dana bantuan studi kepada mahasiswa melalui sistem online. Pemerintah memberikan 1700 kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Kartu Asmat Pintar kepada ribuan mahasiswa yang terdata.

Penyerahan KAP secara disimbolis dilakukan Bupati Asmat, Elisa Kambu usai Upacara HUT ke-72 RI di Lapangan Yos Sudarso, Agats, Kamis (17/8). Ada 1700 mahasiswa yang bakal menerima bantuan itu.

“Pemerintah memberikan kartu ATM khusus, namanya Kartu Asmat Pintar. Kartu ini diberikan kepada 1700 mahasiswa Asmat di berbagai perguruan tinggi,” kata Elisa Kambu.

Tujuan dari program KAP adalah meningkatkan sektor pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Terobosan pemerintah menyalurkan bantuan studi secara online dinilai efektif dan efisien.
“Dengan menyalurkan lewat ATM khusus, bantuan tidak lagi terlambat. Kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengantar di berbagai daerah,” katanya.

Bupati Elisa mengingatkan ribuan mahasiswa Asmat di luar daerah agar menyelesaikan pendidikannya. Tidak melakukan tindakan-tindakan tak terpuji, seperti minum minuman keras dan berbuat onar.

“Tahun ini dicetak 500 keping, lalu berikutnya secara bertahap dicetak lagi hingga terpenuhi 1700 keping,” tandasnya.

Selain menyerahkan KAP kepada mahasiswa, Bupati Elisa Kambu menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diprogramkan pemerintah pusat. Ada 176 kepala keluarga (KK) penerima manfaat Program KKS di Kabupaten Asmat.

Selanjutnya, bupati juga secara simbolis menyerahkan bantuan dana untuk lembaga keagamaan di daerah itu. Bantuan keagamaan diberikan sebesar 10 persen dari total Alokasi Dana Desa (ADD) yang dialokasikan pemerintah pusat ke Kabupaten Asmat.


“Oleh kebijakan bupati kita telah menetapkan 10 persen dari total ADD untuk lembaga keagaaman yang ada di kampung-kampung. Uang ini bisa digunakan untuk membangun fasilitas rumah ibadah di kampung dan pelayanan rohani,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment