2018, Asmat Bakal Punya 19 Tower Baru

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT)  – Pemerintah pusat dan kabupaten terus mendorong akses telekomunikasi di ‘Kota Sejuta Papan’, julukan bagi Kabupaten Asmat. Jika dalam tahun ini dibangun 10 base transceiver station (BTS) atau stasiun pemancar telepon. Tahun depan, pemerintah berencana menambah belasan BTS/Tower di Kabupaten Asmat.

Kepala Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Jamaluddin mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 19 BTS baru di Kabupaten Asmat.

“Tahun 2018 itu kita direncanakan mendapat 19 tower dari kementerian. Mereka sudah sampaikan ke kita, dan minta dibuatkan pengajuan ke kementerian,” kata Jamaluddin, Senin (28/8).

Merespon informasi dari pusat, kata Jamaluddin, pihaknya sudah mengajukan surat permohonan melalui email kepada Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Kominfo.

“Datanya sudah kami siapkan dan ajukan ke kementerian, nanti mereka bahas. Tahun depan baru kita bisa tahu pastinya berapa yang dibangun. Informasi dari mereka ada 19 tower baru,” tuturnya.

Selain pembangunan 19 tower baru, kata Jamaluddin, Kementerian Kominfo juga bakal membuka jaringan internet gratis sebanyak 12 titik di Kota Agats pada tahun 2018 mendatang. Jaringan internet gratis itu difokuskan di sekolah-sekolah, lapangan Yos Sudarso dan sarana prasarana umum lainnya.

“Mudah-mudahan tahun depan masyarakat sudah bisa mengakses internet. Ini juga baru tahap pengajuan. Kami sudah bersurat ke BP3TI melalui email. Sudah diberi jawaban bahwa tahun depan target lebih banyak,” ujarnya.

Selain itu, tambah Jamaluddin, pemerintah pusat juga berencana membuka jaringan internet di 23 distrik di Kabupaten Asmat. Jaringan tersebut akan berpusat di kantor distrik. Selain dinikmati masyarakat, kehadiran jaringan internet itu juga untuk mendukung pelayanan pemerintahan yang berbasis online.

“Yang ini kemarin sudah disurvey oleh BP3TI. Itu nanti dibangun tower di semua distrik lalu pasang jaringan internetnya. Ini juga akan dikerjakan pada tahun depan,” katanya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment