35 Kapal Minatama Telah Kembali ke Tiongkok

Bagikan Bagikan



SAPA (TIMIKA) - Komandan Pangkalan TNI AL Timika, Letkol Laut Pelaut Yoshapat Indarto memastikan 35 kapal eks asing milik PT Minatama Mutiara telah kembali ke Tiongkok setelah dijual oleh pemiliknya.

"Laporan yang kami terima, kapal-kapal itu sudah sampai di China (Tiongkok) daratan sejak Mei lalu," kata Letkol Yoshapat.

Yoshapat menjelaskan bahwa 35 kapal eks asing milik PT Minatama dijual oleh pemilik perusahaan itu lantaran pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak lagi memberikan izin beroperasi kapal-kapal ikan eks asing di wilayah perairan Indonesia.

"Kapal-kapal itu tidak ditangkap, tapi tidak lagi diberikan izin beroperasi oleh KKP. Maka pemilik menjual kapal-kapal tersebut ke China. Setelah mengurus berbagai persyaratan di KKP dan Kementerian Perhubungan maka kapal-kapal itu diberangkatkan ke China. Kami melakukan pengawalan agar kapal-kapal tersebut langsung berlayar ke China dan tidak boleh singgah dimana-mana," jelas Yoshapat.

Ia mengatakan, PT Minatama Mutiara kini masih memiliki tiga kapal yang berlabuh di kawasan Pelabuhan Paumako. Kapal-kapal tersebut terbuat dari bahan fiber dalam kondisi yang sudah mulai rusak.

"Pemilik mengaku biaya perbaikan kapal-kapal itu jauh lebih mahal dibanding jika membeli kapal yang baru. Maka tiga kapal itu dibiarkan begitu saja di Pelabuhan Paumako," kata Yoshapat.

PT Minatama Mutiara sebelum terbitnya kebijakan moratorium penangkapan ikan oleh kapal eks asing diberikan izin tangkap di perairan Zona Ekonomi Eksklusif perairan Laut Arafura.

Pada sekitar 2014, PT Minatama Mutiara mengoperasikan sekitar 44 kapal eks asing dari Tiongkok untuk menangkap ikan di wilayah perairan ZEE Arafura. Setelah terbitnya kebijakan moratorium oleh KKP, puluhan kapal itu berlabuh di kawasan Pelabuhan Paumako.

Kasus menghebohkan terjadi saat sembilan dari 44 kapal eks asing milik PT Minatama Mutiara dibawa oleh puluhan ABK-nya dari Pelabuhan Paumako pada akhir 2015 bersamaan dengan kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Papua.

Hingga kini KKP belum memastikan siapa-siapa aktor dibalik kaburnya sembilan kapal eks asing milik PT Minatama Mutiara dari Pelabuhan Paumako pada akhir 2015 itu. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment