797 Personil Laksanakan Ekspedisi NKRI di Papua Selatan

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) – Kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan yang mencakup Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat melibatkan 797 personil. Ratusan personil ini terdiri dari TNI, Polri para ahli (peneliti), pemerintah daerah, mahasiswa dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Operasional Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian Selatan 2017, Letnan Kolonel Inf. Adek Chandra Kurniawan saat memimpin apel kesiapan peserta lokal kegiatan ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan di Lapangan Makorem 174/ATW Merauke, Rabu (2/8).

Ia menyampaikan, ekspedisi tersebut merupakan tugas negara. Para peserta merupakan personil-personil terpilih yang memperoleh kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan.

“Kegiatan ini melibatkan 797 personel yang terdiri dari berbagai elemen bangsa. Seluruh peserta eksepedisi, baik yang dari pusat maupun wilayah, sebelum diberangkatkan ke daerah penugasan, diberikan pembekalan terlebih dahulu,” katanya.

Pembekalan kepada peserta menyangkut kondisi, situasi dan karakteristik wilayah tugas. Saat ini, sambungnya, peserta yang berasal dari pusat sedang dalam perjalanan dengan KRI Teluk Bintuni menuju Merauke.

“Peserta daerah nantinya akan bergabung dengan seluruh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kita harapkan terjalin interaksi dan komunikasi yang baik, dan peserta dari pusat dapat beradaptasi dengan lingkungan serta budaya di sini,” katanya.

Sementara peserta lokal berasal dari Korem 174/ATW, Kodim 1707/Merauke, Yonif 755 Yalet, Polda Papua, BPBD, Diknas Merauke, Lanud Merauke, Denkesyah Merauke, Universitas Musamus Merauke, dan STIA Karya Dharma.

“Keikutsertaan berbagai komponen masyarakat, khususnya generasi muda dalam kegiatan ekspedisi diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran bela negara, wawasan kebangsaan serta rasa persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Diharapkan pula, peserta mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan alam, membantu masyarakat meningkatkan sarana prasarana perhubungan, telekomunikasi, dan perekonomian.

Ia menambahkan, ratusan peserta akan disebar dalam 5 subkorwil, yakni subkorwil Asmat, Mappi, Merauke, Mindiptana dan Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel. Ekspedisi bertujuan melakukan identifikasi pengembangan potensi SDA dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Terutama pada bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment