Aksi Anarkis Non Karyawan Terekam CCTV

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) - Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, setiap pelaku tindakan anarkis dalam aksi unjuk rasa massa non karyawan, telah terekam CCTV yang dikumpulkan aparat kepolisian dari lokasi kejadian.

Dalam pertemuan bersama Pemkab Mimika, Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI), Forkompinda, para tokoh dan lembaga adat, Boy Rafli mengungkapkan bahwa hal-hal yang terjadi dalam unjuk rasa anarkis merupakan perbuatan yang lebih kepada tindakan kriminal serius. Sebab, disinyalir aksi itu telah direncanakan, dan berusaha melumpuhkan fasilitas publik yang sangat mengganggu masyarakat.

“Sekitar 150an unit motor dibakar, fasilitas umum juga dibakar. Kita sudah ada dapat rekaman CCTV yang terjadi di tiap tempat yang mereka rusak itu. Terlihat mereka sangat tidak ragu dan bersemangat sekali merencanakan tindakan-tindakan itu,” ungkap Boy Rafli.

Dengan demikian, Kepolisian akan meminta izin atas nama negara untuk bertindak tegas jika selanjutnya masih ada oknum-oknum yang sengaja menciptakan kegaduhan, dan akan bertindak tegas dengan melibatkan seluruh unsur hukum dan keamanan.

“Kita tidak masuk dalam ranah hukum ketenagakerjaan, karena sudah ada hukum yang mengatur. Tapi kami akan bertindak tegas menjalankan tugas kami sebagai penegak hukum jika hal itu terus terjadi,” tegas Boy Rafli.

Perlakuan anarkis, kata Boy Rafli, adalah perlakuan yang tidak layak berada di tengah-tengah masyarakat. Karena dapat menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat. Untuk menghindari kejadian susulan, Ia meminta kerja sama seluruh jajaran baik Pemkab Mimika, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Mimika, untuk bersama-sama menyelesaikannya.

“Kita harus bersama-sama bersihkan Kota Timika dari segala pihak yang ingin menghancurkan sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena Bangsa kita menginginkan satu kehidupan yang harmonis, penuh toleransi, semangat persatuan dan kesatuan. Dan saling menghormati diantara keberagaman yang kita miliki,” tuturnya. (Acik)

Berikut video rekaman CCTV aksi anarkis non karyawan saat melakukan aksi pembakaran dan perusakan kendaraan dan fasilitas umum di gorong-gorong.



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment