Anggaran 5 Miliar Tak Cukup Danai Waskat

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika, Yulius Sasararai mengakui, anggaran lima miliar rupiah untuk melakukan tugas pokok dan pengawasan melekat (Waskat)  tidak akan cukup membiayai program tersebut. Karena, dana sebesar itu akan membiayai kegiatan pemeriksaan keuangan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pelatihan, Evaluasi  Otsus dan pengawasan.

“Anggaran kita sekarang itu Lima Miliar, lima ratus dua pulu sembilan rupiah. Yah anggaplah lima miliar saja. Tapi saya rasa sangat tidak cukup untuk membiayai semua kegiatan,” katanyas saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Senin (31/7).

Menurut Yulius, sangat banyak tugas yang harus dilakukan dalam pemeriksaan keuangan di setiap SKPD termasuk Distrik dan kampung terkait penggunaan Dana Desa. Akibatnya, Inspektorat tidak bisa menjangkau secara keseluruhan pengawasan pengelolaan keuangan daerah, karena anggara yang tersedia hanya sebesar itu.

Dia menjelaskan, dalam waktu sisa  untuk tahun anggaran 2017 ini, Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan terhadap  penerapan keuangan di empat SKPD dan melakukan penyusunan laporan dengan mengumpulkan data lapangan dari empat SKPD itu. “Saya tidak hafal nama-nama SKPD itu. Tapi yang jelas, kami sedang menyusun laporan,” jelasnya.

Yulius mengatakan, untuk 2017 target pemeriksaan bukan hanya terhenti pada empat SKPD tersebut saja, namun akan dilanjutkan kepada bagian lain hingga ke semua Distrik.


“Itu makanya sekarang kami pastikan dalam waktu dekat bisa selesaikan proses empat SKPD itu. Karena nanti kami akan ke Distrik-distrik. Tapi  itu tergantung anggaran yang tersedia,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment