Anggaran Pemilukada Mimika Capai 83 Miliar

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Komisioner KPU Kabupaten Mimika Alfred Petu mengatakan, usulan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2018 di Mimika, di ajukan ke Pemkab Mimika sebesar 85 Miliar. Total anggaran tersebut diajukan berdasarkan keperluan, mengingat Pemilukada kali ini banyak terdapat perubahan di semua sektor.

"Waktu lalu memang berbeda dengan sekarang. Karena Pemilukada 2018 nanti alat-alat kampanye akan disediakan oleh KPUD. Selain itu adanya pemekaran distrik sehingga kita usulkan sebesar 83 M kurang lebih,” kata Alfred saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Selasa (15/8).

Alfred menjelaskan, sebelum pihaknya mengajukan anggaran tersebut kepada Pemkab Mimika, terlebih dahulu draft dibahas bersama tim anggaran. Apabila anggaran didalam draft disetujui, maka akan di ajukan ke Pemkab untuk di realisasikan.

"Anggaran itu nanti akan dibahas dulu terutama dengan DPRD. Apalagi sekarang DPRD sudah aktif. Nanti kita lihat dulu rasionalisasinya seperti apa, baru kemudian kita usulkan ke Bupati kemudian proses selanjutnya adalah NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah)," jelasnya.

KPU Kabupaten Mimika berterimakasih kepada Dirjen Otda terkait diaktifkan kembali keanggotaan DPRD Mimika. Sebab didalam penyampain Dirjen Otda, meminta kepada Pemkab Mimika setelah DPRD diaktifkan untuk segera mencairkan anggaran Pemilukada Mimika. Mengingat waktu sangat mepet sehingga proses tahapan Pemilukada 2018 harus sesuai jadwal.

"Karena sampai sekarang belum ada kepastian penandatanganan NPHD. Mudah-mudahan dalam waktu yang dekat ini kami segera di undang oleh pemkab untuk segera membahas ini," katanya.

Terkait alat peraga kampanye untuk Pemilukada 2018 yang disiapkan oleh KPU Kabupaten Mimika, atas perintah KPU RI. Tetapi untuk peraturan menyangkut spesifikasi alat peraga yang dimaksud, juga ditentukan oleh KPU RI.


"Alat peraga kampanye seperti baliho-baliho, nanti kita yang siapkan sampai di distrik-distrik. Untuk ukuran dan spesifikasinya nanti ada petunjuk semuanya, dan sudah ada di PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum),” jelasnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment