ASN Mimika Diingatkan Netral Dalam Pilkada

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sonny Sumarsono mengingatkan ASN di lingkungan Pemkab Mimika, Provinsi Papua untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mimika pada tahun  2018 mendatang. Demikian dikatakan Dirjen Otda pada Rabu (16/8) kemarin saat mempim apel di Kantor Pusat Pemerintahan.

Sumarsono, mengatakan ASN mulai dari pejabat eselon II hingga pegawai biasa bertugas untuk melayani masyarakat, bukan mendukung salah satu pasangan calon Bupati Mimika atau partisipasi dalam partai politik.

"Saya harapkan saudara menjaga netralitas ini dengan sebaik-baiknya. Jadi dalam pilkada ini (2018) harus netral. Profesi ASN jangan dipertaruhkan dalam urusan politik,”tegasnya.

Sony mengatakan, ketika dirinya menjadi Plt Gubernur DKI Jakrta dan menjadi penjabat Gubernur Sulewesi Utara, dia sempat  memberhentikan sejumlah ASN yang terlibat dalam urusan politik. "Ketika saya menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta, saya sudah berhentikan ratusan ASN yang terlibat dalam pilkada dan terlibat dalam kampanye. Ketika saya menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Utara ada tujuh orang yang saya berhentikan," ujarnya.

Untuk itu, dia mengingatkan ASN yang ada di Mimika untuk tidak terlibat dalam urusan politik karena dalam undang-undang mengatur tentang hal tersebut. Untuk itu penting menjaga netralitas. “Saya minta jangan main-main dengan netralitas karena tugas saudara adalah melayani siapapun itu," kata Sumarsono.


 Ia juga mencontohkan dirinya sebagai Dirjen Otda yang selalu berusaha untuk melayani menteri siapupun dia dan dari latar belakang partai yang berbeda-beda. Sehingga ia berharap hal yang sama juga dilaksanakan oleh Bupati Mimika dan tidak sebaliknya memasang ASN untuk ambil bagian di salah satu pasangan calon. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment