BADAN BAHASA: PENUTUR BAHASA INDONESIA PERLU UKBI

Bagikan Bagikan



SAPA (JAKARTA) - Kepala Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Prof Dadang Sunendar mengatakan penutur Bahasa Indonesia perlu melakukan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) untuk mengetahui tingkat kemahirannya dalam berbahasa.

"Penutur yang akan menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi diharapkan memiliki kesadaran utuh untuk meningkatkan kemahirannya berbahasa, hal itu dapat diwakili dengan keikutsertaan dalam UKBI," ujar Dadang dalam acara seminar kemahiran Berbahasa Indonesia di Jakarta, Selasa.

Setelah mengetahui peringkat dalam UKBI, maka penutur jati dapat menyesuaikan diri dalam usaha peningkatan atau pemertahanan kemahirannya dalam berbahasa Indonesia.

Sementara, bagi penutur asing UKBI diharapkan dapat meningkatkan sikap positif untuk belajar dan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Selain itu, UKBI dapat menjadi daya motivasi bagi peserta Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), baik yang terdapat di dalam negeri maupun luar.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan tergali berbagai pemikiran dan kajian untuk mengembangkan kemahiran berbahasa Indonesia".

Dadang berharap kegiatan itu dapat menghimpun berbagai masukan tentang UKBI dan juga UKBI dikenal sebagaimana kepopuleran tes bahasa asing.

"Kami juga berharap, kita dapat melihat bahwa penutur Bahasa Indonesia di luar negeri berkembang seiring dengan upaya internasionalisasi Bahasa Indonesia dengan UKBI itu," harap dia.

Seminar tersebut diikuti sekitar 400 pemangku kepentingan di bidang kebahasaan yang terdiri atas peneliti, penerjemah, penyuluh, dosen, guru besar, guru, mahasiswa, para pejabat, wartawan, dan penulis. (ANT)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment