Beberapa Tahapan KPUD Tidak Terlaksana

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika Divisi Hukum Alfrets Petupetu mengatakan, ada beberapa tahapan Pilkada serentak yang tidak dilaksanakan KPUD karena belum ada anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Ada beberapa tahapan yang sudah terlewati atau yang tidak dilaksanakan,” kata Alfrets Petupetu saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya di Kantor KPUD Mimika di jalan Yos Soedarso, Rabu (30/8).

Alfrets menjelaskan, tahapan-tahapan tersebut tercantum dalam PKPU dan harus dilaksanakan oleh KPU sesuai waktu yang ada, namun karena terkendala anggaran membuat pihak KPU akan melakukan pleno untuk membahas tahapan-tahapan yang dinilai penting untuk dilaksanakan dengan waktu yang tidak terlalu banyak.

“Dalam PKPU itu memang sudah ada tahapan-tahapannya tetapi karena terlambat jadi kita harus menyesuaikan kembali. Kita komisioner akan pleno untuk memastikan tahapan-tahapan itu masih bisa untuk dilaksanakan atau tidak,” ungkapnya.

Alfrets menjelaskan, tahapan-tahapan KPU yang tidak terlaksana diantaranya penyusunan dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pengolahan Daftar Penduduk Pemilih, pemutakhiran data daftar pemilih serta kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.
Ia menambahkan, fasilitas kantor yang ada juga tidak memadai dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan tahapan Pilkada serentak.

“Tahapan-tahapan KPU yang sudah terlambat itu sosialisasi dan penyusunan-penyusunan program ke depan, karena tidak ada anggaran serta fasilitas kantor yang tidak memadai,” jelasnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment