Belasan Sekolah di Timika Diakreditasi Tahun Ini

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) - Sebanyak15 Sekolah di Mimika mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK tahun ini akan diakreditasi. Hal ini dikatakan oleh ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kabupaten Mimika H Edi W. Soeriyono, S.Pd, M.Pd, M.Si saat dihubungi Salam Papua melalui handphone, Rabu (23/8).

Edi mengatakan, ke 15 sekolah yang dimaksud yakni SD sebanyak 7 sekolah, SMP 3 sekolah, SMA 2 sekolah dan SMK 3 sekolah. Sekolah-sekolah tersebut sudah diberikan sosialisasi pada bulan April. Sementara sekolah-sekolah yang akan diakreditasi diwajibkan untuk  menyiapkan 8 standar sebagai alat bukti untuk diverifikasi, divalidasi , dikonfirmasi dan diamati.

"15 sekolah yang akan diakreditasi ini, tim sudah melakukan workshop pendampingan," katanya.
Kedelapan standar tersebut diantaranya adalah standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan dan standar penilaian sekolah.

"Tetapi di tahun 2017 ini penilaian akreditasi mengalami perubahan terkait dengan sistem administrasinya . Yang mana selain menyiapkan 8 standar juga diminta untuk mengisi profil sekolah disistem penilaian akreditasi nasional berbasis  online," katanya.


Kata dia, khusus lulusan SMA dan SMK yang belum terakreditasi mempunyai peluang yang sangat kecil untuk dapat diterima pada perguruan tinggi negeri. Karena akreditasi adalah salah satu syarat yang paling penting. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment