Bhayangkari Papua Gelar Pemeriksaaan Kesehatan di Miktim

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Bhayangkari Polda Papua dan Polres Mimika, Selasa (1/8) menggelar pemeriksaan kesehatan, bagi warga di Mapurujaya Distrik Mimika Timur (Miktim). Kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Distrik Miktim, dengan melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas setempat.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dari Bhayangkari Polda Papua dan Polres Mimika menggandeng Dinas Kesehatan, RSUD Mimika, PT Freeport Indonesia, Pemerintah Distrik Miktim dan Polisi Wanita (Polwan) Tim Ekspedisi Puncak Cartenz.

“Kesehatan adalah investasi dalam pembangunan manusia. Dalam Indeks Pembangunan Manusia (IDM-Red), kesehatan adalah salah satu komponen utamanya," kata Ketua Bhayangkari Polda Papua, Ny Ira Boy dalam sambutan pembukaannya.

Ditambahkannya, paradigma kesehatan telah bergeser dari kuratif-rehabilitatif ke paradigma preventif-promotif. Tantangan pembangunan kesehatan pun semakin kompleks yang tentu membutuhkan penanganan lebih serius.

"Ini adalah bentuk kepedulian kami dalam wadah Bhayangkari dan Polwan pilihan yang hadir di sini serta semua pihak yang terlibat kepada masyarakat Mimika Timur," katanya.

Kepala Puskesmas Mapurujaya, Dita Warinussy menyebutkan, mengerahkan seluruh petugasnya dalam pemeriksaan kesehatan pada hari itu. Warga yang didiagnosa sakit, langsung ditindaklanjuti dengan pengobatan.

"Sekaligus kami melaksanakan imunisasi campak dan pemberian vitamin A karena Agustus ini adalah bulan imunisasi dan vitamin A," jelas Dita.


Selain pemeriksaan kesehatan, penyelenggara juga menggelar donor darah, penyuluhan bahaya HIV AIDS dan TBC serta simulasi cuci tangan yang benar kepada siswa Sekolah Dasar. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment