BKDD Gelar Diklat Prajabatan Formasi K2

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Mimika bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua menggelar Diklat Prajabatan Formasi Khusus Kategori Dua (K2) dan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I, II Dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika tahun 2017 pada Senin (28/8) di Gedung Tongkonan.

Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang dan dihadiri Kepala BKDD Mimika Paskalis Kirwelakkubun, Pengembangan SDM Provinsi Papua Sewo Yohanes dan para seserta.

Kepala BKDD Mimika Paskalis Kirwelakubun dalam laporannya mengatakan, tujuan dari pada kegiatan untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter melalui sikap dan prilaku.

Dijelaskan, nilai dasar PNS dan pengetahuan kedudukan serta peran PNS dalam NKRI yang menguasai bidang tugasnya agar mampu melaksanakan tugasnya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Prajabatan ini, kata Paskalis, diikuti sisa K1 dan K2 angkatan tahun 2015 dan pelatihan dasar formasi khusus 2015 yang berjumlah 345 orang.  Dirinci, golongan III berjumlah 51 orang dan golongan II 291 orang. Sedangkan peserta pelatihan dasar formasi umum berjumlah 196 orang, terdiri dari golongan III 93 orang dan golongan I dan II 103 orang.

Paskalis menjelaskan, terdapat 8 materi yang disampaikan yakni kebijakan pengembangan sumber daya aparatur, Over View, kebijakan diklat, Dinamaika kelompok, buatan teknis lembaga, wawasan kebangsaan dalam bingkai RI, managemen ASN, percepatan pembatasan koprupsi dan pola pikir ASN sebagai pelayan dalam masyarakat.

"Narasumbet berasal dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika," katanya.

Untuk waktu pelaksanaan kata dia, parajabatan CPNS formasi khusus sisa K1 dan K2 golongan I, II dan III dilaksanakan 7 hari mulai 28 Agustus hingga 5 September 2017. Pelatihan dasar CPNS formasi umum golongan I, II dan III selama 113 hari dengan rincian 33 hari kerja untuk matapelajaran fisikal dan 80 hari kerja untuk pelajaran non fisikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Kegiatan pelatihan dasar ini akan dilaksanakan setelah pembelajaran klasikal di prajabatan diklat formasi khusus sisa K1 dan K2 yang menunggu sisa hasil perubahan APBD 2017 karena terjadi perubahan hari. "Dari 18 hari di diakomodir menjadi 33 hari di DPA . Tempat pelaksanakaan di Tongkonan sedangkan untuk belajar mengajar akan memakai ruang belajar pada Bagian Kepegawaian dan Diklat Daerah di jalan poros SP5.  Sumber dana dari APBD Mimika melalui DPABbadan Kepegawaian dan Diklat daerah," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang dalam sambutannya mengatakan,  cirri-ciri orang sukses dalam hidup adalah orang yang semangat, penuh dedikasi dan disiplin. "Kalau tidak disiplin, tidak beretika maka tidak akan menjadi orang hebat. Dan menjadi orang hebat harus banyak belajar dan tahu tatakrama. Manusia dalam hidup ini mau dihargai. Orang menghargai kita ketika kita punya etika, kita punya tatakrama," ujarnya.

Wabup berpesan agar PNS dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari harus menjiwai dari dalam hati. "Kalau kita malaksanakan tugas dan tanggung jawab kita muncul dari hati , dan kita jiwai maka akan berhasil. Tetapi kalau melaksanakan tugas hanya karena takut kepala dinas atau yang lainya maka tidak akan berhasil. Tetapi takutlah akan diri sendiri. Ketika kita bekerja dengan baik, berhasil dengan baik maka dimana-mana kita akan selalu dicari,"ungkapnya.

Kepada panitia, Wabup berpesan untuk melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. "Kalau waktunya satu minggu ya satu minggu. Kalau makan 3 kali sehari ya 3 kali sehari, jangan buka ruang untuk diri sendiri," kata Wabup.



Usai membuka kegiatan ini, Wakil Bupati Mimika menyerahkan SK CPNS bagi 3 orang dokter dan bidan PTT serta SK CPNS yang bekerja di Badan Keuangan dan Dispenda. (Albin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment