BPD Asmat Berdayakan Ekonomi Pedagang Papua

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Cabang Asmat mendorong program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan membentuk kelompok usaha, khusus bagi mama-mama asli Papua yang berjualan di Agats.

Kepala Cabang Bank Papua Asmat, Sukidi mengatakan, pihaknya telah membentuk 60-70 kelompok usaha. Satu kelompok beranggotakan lima pedagang asli Papua. Mereka dimotivasi, dibina dan diberi modal berupa kredit secara bertahap.

“Ini sudah berjalan sejak 2015. Kami bentuk kelompok, lalu dilakukan pertemuan rutin, dibina usahanya dan diberi modal. Pertama Rp1 juta, kalau lunas dinaikkan lagi. Bahkan ada kelompok yang sudah dapat Rp10 juta,” kata Sukidi.

Umumnya, mama-mama Papua yang diberdayakan ekonominya itu adalah pedagang sayuran, ikan dan tas Papua (noken). Setiap anggota kelompok memiliki buku tabungannya masing-masing.

“Mekanisme angsuran seperti tanggung rente. Contoh, dalam 1 kelompok, ada 1 anggota yang tidak angsur, maka 4 orang ini yang menagih. Jadi lebih partisipatif dan membina kedisiplinan,” terangnya.
Menurut Sukidi, pihaknya tidak sebatas memberikan kredit lalu melepas mama-mama Papua itu  menjalankan usahanya sendiri. Petugas selalu melakukan supervisi, sosialisasi, pertemuan dan pembinaan secara rutin.

“Program ini namanya Greeman, khusus untuk masyarakat ekonomi ke bawah. Lebih khusus lagi untuk mama-mama asli papua. Anggota diwajibkan hadir dalam pertemuan, kalau tidak ya tak berjalan. Ini dimaksudkan agar kelompok itu tetap bertumbuh,” ujarnya.

Ia menambahkan, program tersebut sejauh ini berjalan baik berkat partisipasi mama-mama pedagang asli Papua.


“Kami berusaha agar ada sekitar 300 orang mama-mama Papua yang bisa diberdayakan melalui kelompok. Bahkan kalau lebih banyak lagi lebih baik,” imbuhnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment