BPS Mimika Kembali Lakukan Sensus Ekonomi

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala BPS Kabupaten Mimika, Yunus Wakum menyampaikan bahwa secara nasional BPS kembali melakukan sensus ekonomi yang merupakan lanjutan dari pendataan sebelumnya. Pendataan kali ini  dilakukan lebih mendalam terhadap sampel usaha, yang telah mendaftar pada tahun 2016 lalu .

Yunus menjelaskan, sampel usaha yang telah mendaftar pada tahun 2016 sebanyak 2000 usawan yang terpilih. Pendataan lanjutan sudah mulai berjalan sejak awal Agustus dan akan berahkir pada 30 September 2017 nanti.

"Dalam pelaksanaan lapangan sesuai dengan monitoring penanggung jawab secara teknis, laporan sampai pada minggu kemarin sudah mencapi 40 persen dari 2000 sampel usaha yang diambil. Nantinya akan dilakukan proses pemeriksaan dokumen yang didata oleh petugas-petugas kepada  perusahaan atau usaha rumah tangga, "ungkap Yunus saat ditemui Salam Papua diruang kerjanya, Rabu (30/8).  

Dalam pendataan ini, dimulai dari usaha mikro kecil dan usaha menengah besar. Sehingga ada perusahan yang mewakili usaha mikro kecil dan ada perusahan yang mewakili usaha menengah besar . Nantinya diambil untuk didata lebih mendalam yang berkaitan dengan aktifitas sampai pada neraca.
"Kemudian dari situlah kita dapat mengetahui bagaimana keadaan perusahan dalam hal ekonomi yang sebelumnya "tandasnya. 

Data dari pendataan ini,  berapa untuk usaha skala kecil,dan bagaimana omset yang diperoleh. Begitu juga dengan usaha menengah maupun besar. Sehingga secara klasifikasi bisa dilihat potret yang berkaitan dengan aktifitas ekonomi sesuai skala perusahan dan secara statistik publishnya secara agregat,"paparnya. (Albin) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment