Bupati Asmat Terima 132 Peserta Ekspedisi NKRI

Bagikan Bagikan
SAPA (ASMAT) – Bupati Asmat, Elisa Kambu, SSos menyambut kedatangan 132 anggota tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017 Sub Korwil 1 Asmat,  yang tiba di Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat Papua, Selasa (8/8) setelah 15 hari bertolak dari Pelabuhan Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta.

Ratusan personil ekpedisi NKRI menggunakan Kapal Perang jenis LST (Landing Ship Tank) TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Bintuni-520, yang dikomandani Letkol Laut (P) R Yusup Yanto, M.Tr.Hanla.  Upacara serah terima tim ekspedisi berlangsung di Lapangan Yos Sudarso, Selasa siang.
Selain Bupati Kambu, kedatangan  Tim Ekspedisi NKRI disambut para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta masyarakat. Para peserta Ekspedisi NKRI ini juga disambut dengan tari-tarian adat saat turun dari KRI Teluk Bintuni.

"Selamat datang KRI Teluk Bintuni yang membawa peserta Ekspedisi NKRI 2017 di Asmat,"   kata Bupati Elisa mengawali sambutannya.

Bupati Kambu mengatakan, pemerintah dan masyarakat setempat  merasa senang dan bahagia serta menyambut baik kehadiran peserta Eksepedisi NKRI Koridor Papua Selatan Rayon Asmat. Ia berharap, peserta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat di Kabupaten Asmat.


“Kami sangat senang dan bahagia, karena hari ini ada saudara-saudara dari berbagai daerah mengunjungi kami, datang membantu kami melaksanakan pembangunan di daerah ini. Untuk itu, tiada sesuatu yang paling indah selain ucapan terima kasih kami,” kata Bupati Kambu. 

Bupati Kambu mengatakan pemerintah dan masyarakat Asmat menyambut peserta Ekspedisi layaknya di tanah sendiri.  Karena itu para peserta tidak perlu ragu dan takut di daerah tugasnya. Pemerintah setempat memberikan dukungan agar tim ekspedisi dapat menunaikan tugas-tugas negara di kabupaten tersebut berjalan aman, lancar dan sukses.

“Kami siap membantu tim ekspedisi sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Kami siap memberikan dukungan kepada tim, dan yang kami harapkan juga kehadiran tim memberikan kontribusi berarti bagi kemajuan Asmat,” kata Kambu.

Sementara Komandan Sub Koordinator Wilayah Asmat, Mayor Inf. Febi Andrianto mengatakan, tim akan melakukan berbagai kegiatan di antaranya penelitian di bidang sosial budaya, kehutanan, flora fauna, geologi dan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang lingkungan hidup, sarana prasarana dan karya bakti kesehatan.


“Total peserta ekspedisi 792 orang yang terdiri dari unsur TNI, Polri, mahasiswa dan peneliti. Untuk Asmat, ada 132 peserta. Tim juga akan mengikuti rangkaian kegiatan HUT RI di Agats,” katanya. 
Selama berada di Asmat, Tim Ekspedisi NKRI menempati BLK Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja.

Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat dengan menunjuk Komandan Jenderal Kopassus selaku Komandan Ekspedisi, dan Danrem wilayah setempat sebagai wakil Komandan Ekspedisi NKRI.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, beserta segenap komponen bangsa dalam menjaga kelestarian alam.

Ekspedisi yang diimulai dari 3 Agustus sampai dengan 22 November 2017 ini, bertujuan untuk melakukan identifikasi pengembangan potensi sumber daya alam, meningkatkan pelayanan kemasyarakatan, terutama pada bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

Ekspedisi ini juga dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Materi yang akan dilaksanakan pada Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan, adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan. (Nuel/Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment