Bupati Pantau Karnaval Kemerdekaan dari Udara

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE,MH bersama Wabup, Yohanis Bassang didampingi Kapolres Mimika, AKBP Fiktor Mackbon dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mimika, Aleks Sumarna memantau kemeriahan Karnaval Budaya dan Kendaraan Hias dalam rangkaian memperingati  HUT RI ke 72 Kabupaten Mimika dari udara, Kamis (17/8).

Pemantauan itu dilakukan usai pelepasan peserta karnaval di halaman Graha Eme Neme Yauware (ENY), Jumat (18/8)  dengan menggunakan  pesawat milik Pemkab Mimika yang dioperasikan Asian One Air. Bupati, Wabup dan Forkompimda bisa menyaksikan penampilan peserta karnaval secara jelas dari udara.

"Memang kemeriahan HUT RI kita di tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.  Saat kami pantau dari atas itu sangat luar biasa. Peserta karnaval padati jalanan di Kota Timika, sampai beberapa jalur jadi macet," ujar Eltinus di Bandara Baru, Jalan C Heatubun usai melakukan pantauan yang dilakukan selama kurang lebih tiga puluh menit tersebut.

Eltinus mengatakan, dari udara tampak padatnya kendaraan yang mogok di sepanjang jalur Cenderawasih, Jalur SP 2, Jalan Yos Sudarso, Belibis dan Budi Utomo serta lautan massa pun nampak bagaikan gerombolan semut dengan nuansa merah putih.

“Itu kelihatan sekali ada banyak mobil dan motor yang sedang mogok, akibat jalanan padat dengan peserta karnaval. Di Timika hari ini (Kemarin- Red) kurang lebih seperti di Jakarta,”kata Eltinus sembari berdecak kagum.

Terkait hal itu,  ia mengharapkan, kemeriahan dan kekompakan masyarakat Mimika bisa terus terjalin dalam berbagai hal,  termasuk pada perayaan HUT RI tahun-tahun selanjutnya.

Ia berharap khusus bagi  generasi muda Mimika harus mengartikan karnaval sebagai perekat persatuan dan kesatuan, sehingga bisa menciptakan perdamaian.

Senada dengan Eltinus, Kajari Mimika,  Aleks Sumarna kepada Kadishubkominfo, Jhon Retob yang tidak ikut dalam pantauan udara tersebut mengatakan, kemeriahan karnaval sangat luar biasa jika dipantau dari udara sebab, perjalanan para peserta karnaval bisa terpantau jelas terkait jalur-jalur yang dilalui.

"Seni sekali pak. Ternyata peserta karnaval sangat banyak. Kita lihat dari udara sangat padat dan luar biasa meriah," katanya.

Dari pantauan Salam Papua kemacetan di jalur Cenderawasih dimulai setelah  pelepasan puluhan kendaraan hias milik  semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan dan bagian lingkup Pemkab Mimika di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem), Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana. Di mana usai pelepasan yang dilakukan  Bupati Eltinus  tersebut  puluhan kendaraan roda empat dan roda dua pun mulai bergerak menuju Kota Timika.

Titik kemacetan mulai padat di mulai dari depan kantor Distrik Mimika Baru (Miru) Jalan Cenderawasih, Jalur SP 2 hingga simpang tiga Cenderawasih-Budi Utomo. Setiap kendaraan hias dimeriahkan dengan lagu kebangsaan dan orasi kemerdekaan. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment