Cenderawasih Dicanangkan Menjadi Jalan Tertib Berlalulintas

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Jalan Cenderawasih mulai dari pertigaan lampu merah (Traffic light) Diana hingga lampu merah depan Gereja Katederal Tiga Raja, Jalan Yos Sudarso, dicanangkan menjadi ruas jalan tertib berlalu lintas pertama di Kota Timika. Namun, strategi ini baru akan dilaksanakan setelah fasilitas dan perbaikan Jalan Cenderawasih dirampungkan.

Hal ini disampaikan Kasie LLAJ Bidang Bina Perhubungan Dishubkominfo Mimika, Hairul Manoppo, SE saat ditemui Salam Papua disela-sela kegiatan pemasangan rambu jalan, Kamis (24/8).
“Jalan ini akan kita akan prioritaskan sebagai jalan tertib lalu lintas. Jalan ini direncanakan sebagai jalan pertama tertib berlalulintas di Timika,” ungkap Hairul Manoppo.

Hairul menjelaskan, Jalan Cenderawasih dipilih sebagai jalan pelopor keselamatan berlalulintas, disebabkan ruas dan ukuran jalan sangat baik jika dilihat untuk jenis dan ukuran jalan didalam kota. Namun, penggunaan dan pengaktifan jalan sebagai jalan tertib berlalulintas akan menunggu hingga finishing.

“Jalan inikan masih belum rampung. Proses pengerjaannya jalan masih ada yang harus dirampungkan lagi,” jelasnya.

Sambil menunggu finishing Jalan Cenderawasih, pihaknya akan memasang rambu-rambu yang dibutuhkan demi menjaga keselamatan pengendara dalam berkendara.

Rambu lalu lintas yang dipasang sepanjang jalan inipun sudah melalui uji kelayakan dan studi kasus, sebagai prosedur dijadikannya jalan percontohan tertib berlalulintas.

Sebelum dijadikan sebagai jalan tertib lalu lintas, sudah banyak warga yang menyambut baik rencana ini. Salah satunya adalah penarik ojek bernama Suparman.

Kepada Salam Papua dihari yang sama, Suparman mengatakan rencana pemerintah dalam melaksanakan jalan tertib lalu lintas adalah langkah yang baik untuk menekan angka kecelakaan.

“Inikan demi keselamatan semua pengendara, dengan begini mereka bisa jalan pelan-pelan atau pakai helm,” katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment