Dinas Kelautan Perikanan Asmat Kekurangan PPL

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Asmat masih sangat kekurangan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) perikanan dan kelautan. Saat ini, hanya ada 29 PPL yang dikontrak dan 10 PPL dengan status pegawai negeri sipil.

“Sehingga belum semua kampung kita jangkau. Jumlah ini tentunya masih kurang, karena kita ada 224 kampung dan 23 distrik,” kata Sekretaris DKP Kabupaten Asmat, Naomi Rentetampang, kemarin.

Menurut Naomi, perekrutan petugas penyuluh lapangan dilakukan setiap tahun. Namun itupun disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dinas. Karena keterbatasan, penyuluh ditempatkan berdasar potensi yang ada di kampung-kampung.

“Mereka dikontrak setiap tahun, hanya kita juga melihat anggaran. Karena tidak terkaver semua, maka kita prioritaskan untuk kampung-kampung yang berpotensi,” tuturnya.

Tugas penyuluh, demikian Naomi, mereka melakukan pendampingan, pembinaan dan pelatihan-pelatihan kepada nelayan. Apabila dinas menyalurkan bantuan berupa peralatan tangkap maupun pengolahan ikan, penyuluh wajib melakukan pendampingan melekat terhadap kelompok binaannya.

“Sejauh ini kita baru dengan pengolahan ikan asin, bantuan sarana prasarana tangkap. Untuk pengolahan menjadi bakso ikan atau nugget belum, karena terbentur sumber daya manusia masyarakat kita,” ujarnya.

“Penyuluh yang membina mereka, baik untuk budidya maupun untuk tangkap. Mereka juga membantu nelayan memperbaiki jaring-jaring apabila ada yang rusak,” sambungnya.

Selain beberapa bantuan yang disebutkan di atas, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Asmat juga memberikan bibit ikan nila kepada kelompok pembudidaya di Agats.

“Ikan nila baru mulai dikembangkan tahun lalu. Hasilnya masih sebatas untuk kebutuhan pasar lokal saja. Untuk ikan nila, penyuluh juga lakukan pendampingan dan pembinaan,” terangnya.

Dalam tahun ini, tambah Naomi, pihaknya juga sedang mengajukan usulan bantuan 50 ribu bibit ikan nila dan 50 ribu bibit ikan bandeng. “Ini baru diajukan, ya mudah-mudahan bisa terealisasi. Harapan kita pemberdayaan dan ekonomi masyarakat pesisir terdorong dan berkembang,” tandasnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment