Dinkes Mimika Dorong Penerapan Germas Di Puskesmas

Bagikan Bagikan


SAPA (Jayapura)- Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mendorong penerapan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di sejumlah puskesmas kampung di kabupaten tersebut.

"Di Timika ada 23 puskesmas kemudian 33 puskesmas pembantu. Kami lagi mendorong agar program Germas lewat Puskesmas Kampung (Puskeskamp)," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika Reynol Ubra ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Rabu (2/8).

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal itu dapat memanfaatkan dana desa untuk menyiapkan puskesmas kampung, dan pemanfaatan dana kesehatan yang bersumber dari otonomi khusus (otsus) dan biaya operasional kesehatan (BOK).

"Sementara ini kita lagi persiapkan hal itu, semoga di tahun depan yakni pada 2018 kita sudah bisa meluncurkan program Germas ini di Timika," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua secara resmi mencanangkan Germas sebagai implementasi dari pencanangan Germas secara nasional yang dilaksanakan oleh Menteri Kesehatan Dr Nila Moeloek beberapa waktu lalu.

Pencanangan itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai, merupakan penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

"Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan," ujarnya.

Program Germas itu nantinya mencakup beberapa kegiatan seperti aktifitas fisik,mengkonsumsi sayur dan buah,tidak merokok,tidak mengonsumsi alkohol,memeriksa kesehatan secara rutin,membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. (ANT)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment