Dishubkominfo Perketat Drone di Wilayah Bandara

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Mengingat banyaknya masyarakat yang bebas mengoperasikan Drone untuk memotret atau merekam vidio dari udara di wilayah Bandara Mozes Kilangin, Dinas Perhubungan  Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika akan melakukan sosialisasi dan disusul dengan memperketat pengawasan agar tidak berbenturan dengan jadwal pengoperasian atau aktivitas penerbangan pesawat di bandara tersebut.

Kadishubkominfo Mimika, John Rettob ketika diwawancarai di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem), Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Selasa (29/8) mengatakan, aktivitas penerbangan di bandara berakhir pada pukul 16 : 00 WIT, sehingga masyarakat pemilik drone bisa memanfaatkan pengoperasian drone setelah jam tersebut.

“Main Drone di wilayah bandara itu sangat membahayakan penerbangan.  Nanti kami akan sosialisasikan kepada masyarakat dan akan dilanjutkan dengan pengawasan ketat,”kata John.

Menurut John, telah ada surat ketentuan pengoperasian drone dari Kementerian Perhubungan serta surat edaran dari Mendagri agar setiap Dishub harus melakukan sosialisasi ke seluruh masyarakat terkait peraturan penggunaan drone. Ia mengatakan penggunaan drone oleh masyarakat harus memilki izin dari Dishubkominfo agar bisa disesualikan dengan jadwal aktivitas bandara.


“Sekarang itu tidak beraturan. Karena masyarakat bisa membeli dan mengoperasikan drone maka penggunaannya juga sangat bebas. Tapi itu sangat berbahaya kalau di kawasan bandara. Kalau diatas jam empat sore itu bisa, tapi kalau jam sembilan pagi itu sangat berbahaya,”tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment