Dishut Masih Melakukan Kegiatan Rutin

Bagikan Bagikan
*Program lanjutan masih diakomodir Pemkab




SAPA(TIMIKA) - Hingga saat ini Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Mimika masih melaksanakan kegiatan rutin seperti sebelumnya, sambil menunggu petunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengenai tindaklanjut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2015 untuk dilebur ke provinsi.

Sekretaris Dishut Mimika, Jhon Rumbiak saat ditemui Salam Papua, Jumat (25/8) di Bobaigo (Keuskupan) Jalan Cenderawasih mengatakan, selain melaksanakan kegiatan rutin, pihaknya juga menjalankan beberapa program lanjutan dari tahun sebelumnya yang masih terakomodir dalam APBD tahun 2017, terutama program non fisik. Sedangkan untuk program fisik, Dishut melanjutkan pembangunan Kantor Dishut yang terletak di Kampung Limau Asri - SP 5.

“Kita bersyukur karena pemerintah daerah masih mengakomodir sejumlah program dalam APBD. Kemudian hak-hak pegawai juga masih tetap diberikan,” katanya.

Program non fisik yang dijalankan antara lain seperti pemeliharaan tanaman, memberikan pelatihan kepada masyarakat pesisir mengenai pengolahan Mangrove. Selanjutnya pengadaan bibit sesuai kebutuhan masyarakat seperti bibit Cempedak, Pinang, Pambutan, Nangka dan pohon pelindung.

“Jadi bibit ini kita bagi ke sekolah-sekolah, gereja juga kantor-kantor yang butuh. Supaya kawasan lindung tetap terjaga, dan pohon ini diberikan secara gratis,” tuturnya.

Berkaitan dengan perizinan pengolahan hasil hutan, kata dia, saat ini sudah ditangani langsung oleh provinsi. Sehingga, dinas yang ada di kabupaten tidak mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan izin.


“Banyak juga masyarakat yang ingin mengurus izin, tetapi kita tidak ada dasar hukum. Sehingga terkait hal ini pun kita masih tunggu petunjuk dari provinsi,” katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment