Diskop EK Melatih Kapasitas Pengurus Koperasi

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Dinas Koperasi Ekonomi Kreatif Diskop (EK) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan Kapasitas Pengurus Koperasi di Kabupaten Mimika dengan tema Koperasi menuju kemandirian Usaha. Kegiatan pembukaan pelatihan koperasi berlangsung di Aula Brigif 20/Ima Jaya Keramo (IJK), Selasa (29/8).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Mimika Yohanis Bassang, SE. M. Si, Kadiskop Ekonomi Kreatif Cherly Lumentha, Dan Denma Brigif 20/IJK Mayor Inf. Made Anjaya, Kadispendasbud Yenni Ohesti Usmani, S. Pd. M. Pd, Kadisnak Ir. Yosefin Sampelino, Kadistanbun Yohana Paliling.

Wabup Yohanis Bassang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan kapasitas kepengurusan Koperasi di Mimika dengan tujuan memberikan ilmu, sehingga sewaktu-waktu ditempatkan di masyarakat, pengurus koperasi sudah bisa mengelola serta menata administrasi sendiri dengan baik.
"Kapasitas peningkatan kegiatan ini memberi ilmu supaya bapak ibu punya ilmu menata adminitrasinya," kata Wabup Bassang.

Wabup Bassang meminta kepada pengurus koperasi agar tetap eksis dan konsisten dengan program Gerbang Mas yang dicanangkan Dinas Koperasi Ekonomi Kreatif. Sehingga pengurus koperasi bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dengan adanya komoditi unggulan yang di kelola.

"Agar koperasinya tidak redup, koperasi tersebut bisa terus eksisten dan berkelanjutan, Kehadiran koperasi sangat menunjang roda perekonimian di suatu tempat terkhusus di pedalaman," ujarnya.  

Bassang berharap ilmu yang didapat kiranya bisa berguna untuk pengembangan perekonomian masyarakat di pedalaman, serta ada keterbukaan bagi semua. Namun perlu pendampingan dari Dinas Koperasi dan ekonomi kreatif.

"Saya harap ilmu yang didapat disini tidak sia-sia, masyarakat kita akan maju, koperasi harus ada pengurus untuk dapat mengawasi koperasi dalam hal keterbukaan laporan keuangan. Sehingga kita tahu setiap tahun harus ada tutup buku itu yang namanya koperasi sehat supaya ada perubahan," harapnya.

Dikesempatan yang sama Kadiskop EK Cherly Lumentha mengatakan, Pelatihan pengurus koperasi sebagai bagian dari program gerbang emas yang langsung di kampung-kampung. Dalam pelatihan tersebut untuk mengevaluasi persoalan yang dihadapi oleh pengurus koperasi sebagai badan usaha yang ada di kampung-kampung.

Kali ini sebagai evaluasi kendala yang dihadapi koperasi dikampung-kampung,” kata Cherly saat ditemui usai menghadiri pembukaan pelatihan bagi pengurus Koperasi, Selasa (29/8).

Cherly menjelaskan, dengan adanya pelatihan tersebut dalam rangka untuk menciptakan kemandirian yang berbasis menuju one spirit one produk. Ia mengakui dalam menjalankan koperasi di kampung-kampung ada kendala yang dihadapi oleh pengurus. Dengan demikian, dengan adanya pelatihan tersebut Diskop EK dan pengurus dapat mengevaluasi apa saja yang menjadi kendala dalam menjalankan koperasi.

“Kalau tahun kemarin itu kita buat pembekalan, tahun ini kita evaluasi. Supaya kita bisa tahu hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi disana. Dinas koperasi coba mengabaikan apa yang menjadi keterbatasan sarana dan prasarana yang menghambat kegiatan sedangkan sarana dan prasarana semua dari manusia,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut sebanyak 40 peserta yang terdiri koperasi yang ada diwilayah pegunungan dan pesisir. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati dan menyematkan tanda peserta dan pemberian buku dan alat tulis kepada peserta. (Ricky Lodar/ Neles Materay)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment