Disnak Mimika Bantu Bibit Babi dan Ayam

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Mimika membantu peternak dengan memberikan 450 ekor bibit babi, dan 1.500 ekor bibit ayam petelur.

Kepala Dinas Peternakan Mimika, Yosefina Sampelino di Timika, Jumat (25/8), mangatakan tahun ini sebanyak 225 peternak babi akan dibantu dengan satu ekor babi jantan dan satu betina. Sedangkan untuk 25 peternak ayam masing-masing sebanyak 60 ekor bibit ayam petelur.

Menurut Yosefina, para peternak yang akan menerima paket bantuan bibit dari pemerintah, di khususkan bagi peternak orang asli Papua (OAP).

"Pengkhususan ini dimaksudkan agar peternak lokal ini dapat berkembang dengan stimulan-stimulan yang diberikan," ujarnya.

Khusus untuk bibit ternak babi, mulai di distribusikan ke para peternak Jumat kemarin, khusus di distrik dalam dan pinggiran kota. Sedangkan sebanyak 50 ekor lainnya akan dibagikan lagi kepada peternak yang ada di Aroanop, Distrik Tembagapura.

"Kita sudah identifikasikan peternak yang akan menerima bibit tersebut. Pendistribusiannya hingga awal Desember. Sedangkan bagi peternak di Aroanop, bantuan akan dibagikan bersamaan pada saat kunjungan Bupati Mimika Eltinus Omaleng," katanya.

Selain bibit ternak, Disnak sebelumnya juga telah membantu khusus peternak babi untuk membangun kandang dengan memberikan bahan sebanyak enam lembar daun seng dan paku, termasuk memberikan pelatihan kepada para peternak babi tentang cara beternak babi yang baik.

Sementara itu, bagi peternak ayam petelur, bimbingan dan pelatihan akan dilaksanakan sekaligus pada saat pendampingan secara langsung di lapangan.

Yosefina berharap agar kedepannya para peternak di Mimika khusus peternak orang asli Papua dapat berkembang dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment