Disprindag Prioritas Bantu Pelaku Usaha Layanan SI

Bagikan Bagikan


SAPA (BIAK) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2017 memprioritaskan membantu pelaku usaha pemasok kebutuhan barang pokok untuk pelayanan Shipping Instruction (SI).


"Shipping Instruction adalah perintah instruksi pengapalan atau pengiriman yang dibuat oleh eksportir/pengirim barang kepada perusahaan pengangkutan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor Widiarto di Biak, Jumat menanggapi percepatan pelayanan SI dengan Perusahaan kapal PT Pelni.

Ia mengatakan, jika SI sudah diajukan maka perusahaan pengangkutan pelayaran untuk laut, perusahaan penerbangan untuk udara maupun darat, maupun lainnya dapat prioritas untuk diangkut," katanya.

Widiarto menyebut, prinsipnya SI merupakan dokumen perintah kerja kepada pihak pengangkutan untuk mengangkutan barang ekspor milik eksportir.

Untuk tahun 2017, menurut Widiarto, pihak Disprindag dengan perusahaan jasa pengiriman angkutan barang PT Pelni sudah dapat membantu pelayanan SI untuk barang tertentu.

"Permintaan SI untuk tahun 2017 dari pengusaha Biak berupa pengiriman semen sebanyak lima kontainer melalui kapal angkutan Pelni," ujar Kadisprindah Widiarto.

Menyinggung pelayanan angkutan tol laut, menurut Widiarto, hingga pertengahan 2017 program angkutan tol laut tetap berjalan sesaui rute perjalanan kapal masih dari pelabuhan laut Makassar-Biak.

Untuk rute tol laut rute Surabaya-Biak, lanjut Widiarto, hingga saat ini sedang dalam pelaksanaan angkutan kapal meski telah ditetapkan jalur T12 Surabaya-Biak sesuai keputusan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubunga tahun 2017.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak jumlah pasokan barang kebutuhan pokok terbesar dari distributor barang melalui pelabuhan laut Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. (Ant)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment