DPRD Asmat Awasi Penggunaan Dana Desa

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asmat bakal melakukan pengawasan dana-dana desa di 223 kampung. Hal itu dilakukan agar penggunaan dana desa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Asmat, Arie Suprapto menyatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa, kendati selama ini penyaluran dan penggunaannya berjalan baik.

Meski implementasi dana desa di Kabupaten Asmat sudah berjalan baik, namun menurut Arie masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Terutama menyangkut pembinaan kepada masyarakat dalam hal memanfaatkan dana-dana desa.

“Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh instansi terkait, tapi dewan juga mengawasi. Kami lebih fokus pada pembinaan agar masyarakat benar-benar mampu memanfaatkan dana desa,” katanya, Selasa (8/8/2017).

Dikatakan, setiap bulan dewan tetap melakukan monitoring penggunaan di kampung-kampung. Selain itu, legislatif juga melakukan evaluasi terhadap pendampingan.

“Oleh karena itu, pendamping dana desa harus selalu berada di tempat. Melakukan pendampingan mulai dari perencanaan, pemanfaatan dan pembuatan laporan,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Menurut dia, pengawasan penggunaan dana desa harus dilakukan secara rutin oleh eksekutif dan legislatif agar uang yang dikucurkan pemerintah itu tepat sasaran dan memiliki nilai manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Pengawasan sejauh ini berjalan maksimal, meski ada berbagai kendala, termasuk kendala geografis daerah yang sangat sulit,” ungkapnya.

Selain mengawasi dana desa, kata Arie, dewan tetap melakukan pengawasan terhadap berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh eksekutif di Kabupaten Asmat. Selama dua tahun kepemimpinan Bupati Elisa Kambu dan Thomas Eppe Safanpo, pembangunan telah berjalan baik.


“Berdasarkan monitoring dan evaluasi dewan, pelayanan kepada masyarakat sudah membaik. Itu karena adanya komunikasi dan koordinasi yang intens antar pimpinan daerah dan kepala SKPD,” pungkasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment