DPRD Asmat Tunggu Materi Sidang Perubahan APBD

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asmat masih menunggu materi sidang perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2017 dari pihak eksekutif atau tim anggaran pemerintah daerah Kabupaten Asmat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Asmat, Yusak Bokowi, Kamis (3/8). Menurut Yusak, sidang APBD Perubahan 2017 mungkin baru dilaksanakan setelah 17 Agustus mendatang.

“Kami masih tunggu materi dari eksekutif, setelah 17 Agustus baru sidang. Materi terkait perubahan anggaran, serta rancangan peraturan daerah (Raperda) dari eksekutif maupun inisiatif dewan sendiri,” katanya.

Sebelumnya, kata Yusak, sidang perubahan APBD 2017 direncanakan awal bulan ini. Namun beberapa materi sidang masih dipersiapkan oleh pihak eksekutif sehingga rapat paripurna diundur beberapa pekan lagi.

“Kalau materinya sudah siap dan diserahkan kepada kami, itu sudah bisa mulai. Memang sementara ini sedang disiapkan oleh tim anggaran,” kata Yusak.

Menurut Yusak, pihak sudah melakukan koordinasi dengan eksekutif terkait persiapan sidang APBD perubahan tahun ini. Jika materi sudah diberikan, maka dewan akan menyampaikan jadwal sidang kepada pihak eksekutif.

“Pada prinsipnya kami sudah siap untuk pembahasan, ya tinggal tunggu materinya saja. Anggota dewan juga sudah kembali setelah mengikuti bimtek. Sidang ABT biasanya paling lama 2-3 hari,” tuturnya.

Ia menerangkan, hasil pembahasan APBD Perubahan akan dikonsultasikan ke Biro Keuangan Provinsi Papua. Jika disetujui, maka akan ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Asmat. “Nanti eksekutif dan legislatif bersama-sama pergi konsultasi,” ujarnya.

Yusak menambahkan, salah satu Raperda yang akan dibahas yakni terkait Peraturan Pemerintah Nomor 18 tentang Protokoler, Hak dan Kewenangan Anggota DPR yang baru disahkan oleh Presiden Jokowi pada 2 Juni lalu.

“PP 18 tentang Protokoler, Hak dan Kewenangan Anggota DPR yang baru, baru ditetapkan pada tanggal 30 Mei, dan disahkan pada 2 Juni oleh Presiden. Itu juga yang akan kita bahas,” pungkasnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment