Hari Ini DPRD Mimika Diaktifkan Gubernur

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Politisi Partai Gerindra Elminus B Mom, SE menegaskan besok (hari ini-Red), Selasa (15/8) status keanggotaan DPRD Mimika akan diaktifkan kembali oleh Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi perwakilan Direktorat Jenderal (Ditjen Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di ruang sidang paripurna lantai 3  Kantor DPRD Mimika.

Kepada wartawan via telepon, Elminus mengatakan, Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi perwakilan 4 orang dari Ditjen Otda Kemendagri akan bertemu langsung 35 anggota DPRD Mimika untuk memberikan surat pengaktifan kembali status keanggotaan DPRD Mimika.

Elminus menjelaskan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua dan pihak Mendagri dan Gubernur telah menerbitkan SK pengaktifan kembali DPRD Mimika yang nantinya akan ditanda tangani oleh  Gubernur saat bertemu langsung dengan anggota DPRD Mimika.

“Jadi besok (hari ini-Red) 35 anggota DPRD akat diaktifkan. Saya belum bisa sampaikan nomor SK tapi yang pasti SK itu sudah diterbitkan,” jelasnya.

Dikatakan, dalam pertemuan nanti SK pengaktifan tersebut akan diserahkan Gubernur Papua Lukas Enembe kepada dirinya selaku Ketua DPRD Mimika secara dimbolis dan tidak ada lagi pelantikan kedua kalinya.

Elminus menyebutkan, arahan dari Gubernur Papua agar setelah menerima surat pengaktidan kembali, anggota DPRD Mimika langsung melaksanakan tugas pokok dewan serta menjalankan tanggung jawab sebagai perwakilan rakyat yang mengawasi pembangunan.

Informasi terkini yang diperoleh dari Jayapura, pada Senin (14/8) malam, Gubernur Papua Lukas Enembe sudah menandatangani SK untuk pengaktifan kembali DPRD Mimika. Rencananya Gubernur Papua ke Timika Selasa (15/8) hari ini untuk menyerahkan SK tersebut kepada anggota DPRD Mimika.

Awal September
Secara terpisah, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE,MH mengatakan  dirinya sangat setuju untuk segera mengaktifkan DPRD yang lama. Namun dikarenakan kewenangan untuk mengaktifkan DPRD bukan di tangan Bupati maka pengaktifan anggota DPRD pun tetap menunggu SK dari Gubernur Papua.

“Kalau saya berwenang mengaktifkan mereka kembali, itu berarti hari ini (kemarin-Red) pun saya akan aktifkan mereka. Kalau menggunakan SK saya, berarti saya sudah perintahkan mereka aktif sejak lama,” kata Eltinus usai memimpin apel pagi di halaman Kantor Sentra Pemerintahan, Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Senin (14/8).

Bupati Eltinus memperkirakan pengaktifan kembali 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) paling lambat pada awal September mendatang. “Paling lambat awal bulan September DPRD sudah diaktifkan kembali,” kata Eltinus

Eltinus menjelaskan, beberapa waktu lalu dirinya sudah bersepakat dengan Gubernur Papua  untuk mengaktifkan kembali para anggota DPRD. Dengan demikian, jika SK Gubernur telah diterbitkan maka semua anggota DPRD Mimika akan diaktifkan kembali.

“Kemarin saya lakukan belanja partai bukan menggunakan kursi yang lain, tapi dari kursi anggota DPRD yang ada. Berarti DPRD juga tahu kalau sebenarnya mereka masih sebagai anggota DPRD di Mimika,”ujarnya.

Ia menambahkan, dalam momen hari Proklamasi tanggal 17 Agustus mendatang sangat dibutuhkan kehadiran DPRD mimika  untuk mengambil bagian dalam pembacaan teks Pancasila sehingga jika benar semua anggota DPRD tidak hadir dalam perayaan kemerdekaan tersebut, maka terpaksa akan dibacakan oleh perwakilan Pemkab Mimika.

“Memang sudah ada komentar dari DPRD yang tidak mau hadir dalam perayaan HUT RI nanti. Tapi itu tidak boleh, mereka harus hadir. Saya sudah perintahkan untuk kasih undangan kepada DPRD,”katanya.

Selain hal itu Eltinus juga mengakui, sangat membutuhkan keberadaan DPRD Mimika namun masih menunggu legalitas pengaktifan kembali. Ia juga mengatakan, pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan akan dibahas bersama anggota DPRD sehingga tidak harus menggunakan Peraturan Bupati (Perbup).

“Kami sangat butuh keberadaan DPRD. Kami tidak mau lagi penetapan APBD melalui Perbup karena akan terjadi tidak ada peningkatan,” katanya. (Ricky Lodar/Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment