Ikut Pilkada 2018 Wajib Kantongi e-KTP

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Mimika, John Wicklif Tegai mengatakan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang, masyarkat diwajibkan mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau yang disebut e-KTP. Sebab KTP Nasional sudah tidak berlaku.

“Pilkada 2018 besok itu wajib pakai KTP Elektrik. Jadi yang masih punya KTP Nasional itu tidak bisa ikut pemilihan,” kata John, saat ditemui diruang kerjanya Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (9/8).

Terkait hal ini, kata John, perlu mendapat perhatian dari masyarakat. Sehingga pada saat Pilkada seluruh masyarakat dapat memberikan hak suaranya, meskipun saat ini blanko e-KTP masih terbatas, namun masyarakat sudah bisa melakukan perekaman e-KTP dan akan diberikan surat keterangan sementara pengganti KTP.

“Minimal itu harus punya surat keterangan, makanya semua harus lakukan perekaman dulu,” katanya.

Meskipun menggunakan surat keterangan sementara, kata John, itu sama halnya telah memegang blanko e-KTP, keabsahannya tidak perlu diragukan lagi.

“Surat keterangan inikan yang keluarkan hanya Disdukcapil, dan itu sudah ada barcode-nya, jadi tidak mungkin ada yang bisa palsukan,” kata John.

Dengan demikian, diimbau agar masyarakat yang masih menggunakan KTP Nasional bisa segera mengurus perekaman e-KTP agar terdaftar dalam pilkada 2018 mendatang.
Segera lakukan perekaman KTP elektrik, supaya mereka punya suara nanti bisa dipakai saat pemilihan,” imbaunya.

Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri bagi Disdukcapil untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan kependudukan, mengingat pentingnya dokumen kependudukan bagi masyarakat agar bisa terdata secara baik.


“Saat inikan banyak masyarakat yang tidak peduli dengan dokumen kependudukan, seperti urus KTP dan sebagainya. Nanti pas sudah mau perlu, baru ada niat untuk urus. Ini yang perlu ada kesadaran lagi, supaya masyarakat itu wajib mengurus dokumen kependudukan,” tambahnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment