Imigrasi Tembagapura Luncurkan Program Gerdamas

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura meluncurkan program  Gerakan Pemberdayaan Masyarakat  (Gerdamas) dan menjadikan Kampung Iwaka sebagai pilot project Gerdamas. Program Gerdamas ini dalam rangka penguatan fungsi Keimigrasian di Kampung Iwaka Ditrisk Iwaka.

"Adanya kegiatan ini bermula saat saya menghadiri pengukuhan sebagai anak adat di Kampung Iwaka. Untuk mewujudkan ide dan pikiran itu, maka  saya harus berusaha melakukan sesuatu yang kongkrit  untuk Kampung Iwaka," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Samuel Yesaya Enock, SH dalam sambutanya di Kampung Iwaka, Rabu (16/8).

Turut hadir dalam kegiatan itu Kapolsek Kuala Kencana AKP Yunan Plitomo, SSos, Danramil Kuala Kencana Kapten Inf. Hasyim A Hutabarat, Kepala Desa Iwaka Herman Kumyu, Kepala suku Iwaka Noel Awiyuta dan pegawai Kantor Imigrasi kelas II Tembagapura.

Menurut Samuel, usai dikukuhkan sebagai anak adat, terbesit dalam pikiran apa yang perlu dibuat untuk peningkatan taraf hidup masyarakat Kampung Iwaka. Maka lahirnya program Gerdamas setelah berdiskusi dengan pihak Pemkam dan Pemdis.

Samuel yang sering disapa Sam ini menjelaskan, Gerdamas sebagai salah satu penguatan fungsi Keimigrasian dalam kehidupan warga masyarakat,  di luar dari tugas dan fungsi Keimigrasian. Selain itu, ia berharap Imigrasi bisa menjadi fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini akan  dituangkan dalam bentuk regulasi bahkan dalam bentuk kegiatan seperti Gerdamas yang langsung menyentuh masyarakat.

“Tugas Imigrasi memang bukan hanya berkaitan dengan orang asing tetapi dengan kegiatan yang langsung menyentuh ke masyarakat,” jelasnya.

Sam  berharap program Gerdamas dapat berjalan di distrik-distrik lainnya sehingga ke depan bisa diperjuangkan untuk masuk dalam pembahasan Musrenbang tingkat Distrik. Maka, instansi terkait bisa memasukan program Gerdamas sebagai program yang berguna bagi kepentingan masyarakat dan akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Sam juga  mengingatkan kepada seluruh warga kampung Iwaka agar “ingat waktu” untuk bekerja keras dan  beribadah dan mendorong anak-anak  sekolah  untuk kemajuan kampung Iwaka.
“Kedepannya kegiatan seperti ini bisa dimasukan di dalam Musrenbang supaya Dinas-Dinas bisa buat program ini di masyarakat.  Tapi ini perlu dukungan dari masyarakat sesuai dengan nama Iwaka (ingat kampung),” harapnya.

Ditempat yang sama Kapolsek Kuken AKP Yunan Plitomo, SSos dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Imigrasi Kelas II Tembagapura yang telah memprogramkan kegiatan Gerdamas. Gerdamas tujuannya sangat bagus untuk  penguatan fungsi keimigrasian yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Ini akan berjalan baik  bila ada peran serta dan dukungan dari masyarakat. Sehingga program yang dicanangkan bisa berhasil untuk peningkatan kehidupan masyarakat.

"Program yang dilaksanakan Kantor Imigrasi sangat baik untuk kepentingan masyarakat dan perlu dukungan dari masyarakat," kata Yunan.

Sementara Danramil Kuala Kencana Kapten Hasyim A Hutabarat dalam sambutannya menegaskan, program yang dibuat Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura sangat baik dan menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan. Dia menyebutkan, seharusnya program seperti Gerdamas ini  dilakukan oleh dinas terkait. Ia mencontohkan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), Dinas Peternakan (Disnak) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk memberdayakan masyarakat. Kegiatan seperti ini pasti bisa dibantu  TNI dan Polri.

"Program ini ide awal dari Kepala Imigrasi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan dan kami  TNI/Polri akan membantu," tuturnya.

Pada saat yang sama Kadistrik Iwaka Wens Mitoro mewakili warga masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, teruma Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura.  "Kami berterima kasih sudah memilih Kampung Iwaka sebagai pelaksanaan kegiatan Gerdamas," ujaranya.
Menurutnya, kegiatan Gerdamas ini merupakan langkah luar biasa dan seharusnya kegiatan seperti ini harus dilakukan  dinas terkait. Dengan demikian Pemdis akan mendukung penuh kegiatan tersebut. Tentunya dalam suatu kegiatan ada target yang harus dicapai untuk peningkatan ekonomi masyarakat.


"Kami dari Distrik mendukung. Karena kegiatan seperti ini yang harus dibuat oleh dinas-dinas," katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment