Jatah Raskin Kabupaten Asmat Telah Ditebus

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Asmat, Marthinus Roempoembo mengatakan, jatah Beras Miskin (Raskin) masyarakat Asmat untuk dua triwulan (Januari-Juni) telah ditebus pemerintah setempat.

Beras raskin untuk dua triwulan sebanyak 1.575.540 kg, telah selesai disalurkan ke semua distrik pada awal bulan ini. Kuota Raskin Kabupaten Asmat 3.151.080 kilogram per tahun dengan jumlah penerima manfaat 105.036 Kepala Keluarga (KK).

“Sudah selesai kami salurkan. Hanya saja penganggarannya itu langsung dari BPKAD, tidak lagi dari kami untuk tahun ini,” kata Marthinus,  di Dinas Perindakop UKM, Selasa (29/8).

Menurutnya uang penebusan langsung ditransfer BPKAD ke Bulog Merauke. Sementara Dinas Perindagkop dan Tenaga Kerja Kabupaten Asmat hanya menanggung biaya pemuatan dari Merauke ke Asmat, dari Kota Agats ke 24 distrik serta biaya bongkar di distrik-distrik.

“Saat pengangkutan dari Merauke-Agats dikawal anggota Polres Asmat. Sementara penyaluran ke distrik-distrik itu yang bertanggung jawab kepala distrik. Kami memberikan ongkos angkut dan biaya bongkar,” katanya.

Dikatakannya penyaluran beras raskin dua triwulan untuk masyarakat Asmat agak terlambat dikarenakan kapasitas kapal pengangkut dari Merauke. Sehingga jatah raskin itu diangkut secara bertahap.

“Kendalanya, jumlahnya banyak sementara kapal kecil yang angkut. Jadi kapal itu angkut beberapa kali. Untuk penyaluran triwulan 3 dan 4 tergantung anggaran dari BPKAD,” ujarnya.

Terkait jumlah penerima manfaat, kata Marthinus, kepala distrik menyampaikan data penerima manfaat kepada pemerintah daerah dan selanjutnya ditetapkan dalam surat keputusan (SK) bupati.


“Untuk dua triwulan terakhir nanti setelah penebusan dari BPKAD. Sebelumnya anggaran terkaver di Dinas Perindagkop UKM. Tapi tahun ini tidak terkaver di APBD. Lalu Pak Bupati ambil kebijakan langsung ditangani  BPKAD,” ujarnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment