Kabid SMK Harap Ada Peningkatan Mutu Internal Sekolah

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kepala Bidang (Kabid) SMK Selsius Aron mengatakan, Kementerian Pendidikan telah menurunkan program Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kabupaten. Beberapa waktu lalu sejumlah kepala sekolah SMA dan SMK telah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan mutu internal sekolah. "Jadi hari Rabu lalu kepala-kepala sekolah mereka sudah ikut pelatihan penjamin mutu di SMK Yapis setelah ada program LPMP dari kementrian" kata Aron saat ditemui Salam Papua Senin (14/8) lalu di ruang kerjanya.

Aron mengatakan, dengan program LPMP maka semua stakeholder yang ada di sekolah baik guru, siswa maupun orang tua harus mempunyai komitmen bersama dan saling bergandengan tangan untuk terjun ke dalam upaya peningkatan mutu sekolah."Saya berharap setelah mereka mengikuti latihan LPMP setiap sekolah dapat berlomba-lomba untuk bagaimana meningkatkan mutu sekolah mereka," katanya.

Langkah awal yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah melakukan evaluasi internal. Supaya sekolah tersebut dapat mengetahui kelemahan dan kelebihannya. "Dengan evaluasi maka dia harus tahu kekuatan sekolahnya seperti apa, kelemahan seperti apa, peluang seperti apa dan tantangan seperti apa. Setelah sekolah tahu kelemahan dan kelebihan lalu diarahkan sesuai dengan hasil evaluasi," jelasnya.


Untuk peningkatan mutu kata Aron, tidak lepas dari 8 standard yang salah satunya adalah pembiayaan. Tetapi untuk pembiayaan harus menjadi konsen pemerintah dan atau swasta untuk mendukung sekolah dalam meningkatkan kualitasnya. "Jadi peningkatan mutu sekolah itu sangat penting sehingga pihak sekolah harus serius dalam upaya-upaya tertentu agar nantinya sekolah-sekolah yang ada bisa bersaing dengan sekolah lainnya di Papua maupun di luar Papua," ujarnya.(albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment