Kadisdukcapil Minta Bupati Untuk Gunakan Kantor BPBD

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kepundudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika Jhon Wiklif Tegai meminta Bupati Mimika untuk mengijinkan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang ada dilantai dua Kantor Sentra Pemerintahan digunakan oleh Disdukcapil. Karena ruangan yang ada di lantai satu saat ini tidak mencukupi untuk pelayanan kepada masyarakat.

Permintaan tersebut disampaikan langsung kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat menghadiri acara  nikah massal pada Senin (14/8) di Graha Eme Neme Yaware.

 Jhon mengatakan, kapasitas kantor Disdukcapil yang ada dilantai satu saat ini sangat kecil untuk menampung masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan setiap hari. Karena volume pekerjaan mulai pagi hingga jam 18.00 WIT. Sementara ada SKPD yang tidak ada aktifitas. Sehingga sejak tahun 2015 silam pihaknya sudah merencanakan dan membuat telaah, menunggu petunjuk Bupati untuk mengijinkan kantor BPBD di lantai dua dapat digunakan oleh Disdukcapil.

"Jadi kalau bisa kami menggunakan kantor penanggulangan bencana lantai 2 sehingga lantai satu full untuk pelayanan kepada masyarakat,"katanya.

Selain itu kata Jhon, saat ini Disdukcapil masih kekurangan ruangan untuk pendataan orang asing dari PT Freeport Indonesia dan kontraktor. Kemudian ruangan untuk arsip kependudukan. Ruang catatan sipil dan ruangan pembuatan surat keterangan pindah warga negara Indonesia.

"Karena status kependudukan maayarakat di Mimika ada yang sudah pindah tetapi tidak pernah mengurus surat pindah. Sehingga datanya masih ada di data base. Ada juga yang datang di Timika tetapi tidak pernah melapor sehingga mau butuh KTP maka dia harus urus surat pindah dari daerah asal, " ujar Jhon.


Menurut Jhon, kalau Disdukcail mempunyai ruangan khusus untuk melayani maka semuanya bisa diakses melalui online. "Artinya kita tinggal SMS dengan kepala dinas di daerah asal dan mereka kirim surat pindah tinggal kita tarik dokumen kependudukan lewat online. Jadi banyak ruangan yang kami butuh sehingga ini menjadi keluhan kami di Disdukcapil. Sehingga kami mohon pertimbangan dari Bupati," ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment