Kapolri Launching Aplikasi Amole Polres Mimika

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian  secara resmi  melounching aplikasi berbasis teknologi informasi dengan nama Aplikasi Amole  dan Bhayangkara Papua Football Academy  pada Jumat (11/8) kemarin di Polres Mimika Jalan Agimuga.

Selain Kapolri, acara ini juga dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kapolres Mimika AKBP Victor D. Mackbon, Forkopimda, toko agama, serta sejumlah toko masyrakat.

Dalam sambutan Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menyampaikan terimakasih kepada Kapolri yang berkenan hadir di Mimika dalam rangka melounching aplikasi berbasis tekonologi informasi dan sekolah sepak bola usia dini.

Dikatakan, aplikasi tekonologi informasi merupakan salah satu program Kapolri dalam meningkatkan pelayanan publik. Untuk itu di Papua  terdapat 4 Mapolres yang dijadikan sebagai pilot project yakni Polres Mimika, Jayapura, Merauke dan Biak. “Empat Polres ini memang sudah memiliki jaringan internet yang cukup bagus sehingga tahun ini sangat di prioritaskan,”ujarnya.

Sedangkan untuk daerah pegunungan kata Kapolda tidak diprioritaskan tahun ini tetapi pada tahun yang akan datang. Bila Kementrian Komunikasi dan Informatika sudah melakukan pemasangan kabel optik maka semua Mapolres di Papua akan dipasang aplikasi berbasis teknologi ini.
“ Pada saat ini Polres Mimika dijadikan pilot project yang pertama,” katanya.

Sementara itu, Bhayangkara Papua Football Academy merupakan program Pelindung Masyarakat (Linmas)  kepolisian yang bertujuan  membangun kedekatan dengan masyarakat.  Kegiatan ini adalah upaya kecintaan untuk membangun keterampilan anak-anak tingkat SD khususnya  dalam olahraga sepak bola.

“Karena kita tahu bahwa sepak bola sangat digemari di Papua bahkan sampai di kampung-kampung. Sehingga bagi mereka yang ada di pelosok yang tingkat kriminalitasnya rendah diharapkan  bisa  menigkatkan intensitas kegiatan olahraga ini,” kata Kapolda.

Menurut Kapolda melalui olahraga inilah  polisi dapat membangun kedekatan dengan  masyarakat dan tercipta dengan lebih baik. Tidak hanya anak-anak tetapi juga orangtua dari anak anak tersebut.

Sementara itu Kapolri Jendral Tito Karnavian dalam sambutan mengtakan, dengan hadirnya aplikasi tersebut, dirinya berharap kedepan pelayanan system aplikasi ini dapat membawa perubahan yang lebih baik pada pihak kepolisian dan masyarakat di Mimika.

“Dengan aplikasi ini ketika masyarakat memerlukan bantuan dan pelayanan, polisi harus cepat bertindak dengan datang ke TKP dengan lebih cepat,” kata Tito.

Aplikasi Amole ini dapat download para pengguna ponsel berbasis android. Aplikasi tersebut dapat melaporkan langsung dari ponsel dan petugas kepolisian siap datang lebih cepat untuk membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Albin)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment