Kartu Asmat Pintar Program Pertama di Papua

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Pemerintah Kabupaten Asmat bakal menjadi kabupaten pertama yang menerapkan sistem penyaluran dana bantuan studi mahasiswa dengan menggunakan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Pemerintah setempat menamakan program tersebut Kartu Asmat Pintar (KAP) dengan menggandeng Bank Papua sebagai mitra penyalur. ATM KAP rencananya mulai berjalan pada September atau Oktober tahun ini.

“Kalau diterapkan, ini menjadi program pertama dan baru di Papua dan Papua Barat. Ini memang solusi terbaru,” kata Kepala Cabang Bank Papua Kabupaten Asmat, Sukidi, Rabu (9/8).

Menurutnya, apabila ATM KAP bisa direalisasikan, maka Bank Papua akan menjadikan program itu sebagai percontohan bagi kabupaten lain di Papua maupun Papua Barat. Divisi Pengembangan dan Perencanaan Kantor Pusat Bank Papua di Jayapura menyambut baik program itu.

“Menurut Divisi Pengembangan, ini hal baru. Kalau kerja sama dengan Pemkab Asmat ini bisa dilakukan, maka akan diterapkan juga di kabupaten lain di Papua dan Papua Barat,” terang Sukidi.
Kerja sama penyaluran dana bantuan studi mahasiswa Asmat di sejumlah daerah dengan menggunakan ATM KAP saat ini sedang ditindaklanjuti oleh Bank Papua.

“Dengan dasar surat dari Bupati Asmat, Pak Elisa Kambu, maka tim dari Divisi Pengembangan Bank Papua akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada prinsipnya Bank Papua siap bekerja sama dengan Pemkab Asmat, karena program itu dianggap sangat positif dalam mendukung efisiensi anggaran pemerintah daerah.
Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, Kartu Asmat Pintar diterapkan dalam rangka meningkatkan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, program ini menghemat biaya perjalanan dinas.


“Bagian perekonomian dan sosial tidak perlu repot antar dana bantuan studi bagi mahasiswa di beberapa kota. Selain menghemat, juga menghindari resiko. Semoga ini bisa diterapkan dalam tahun ini,” kata Bupati Kambu. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment