Karyawan Amungme Diminta Tak Terlibat Aksi Berujung PHK

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Direktur Eksekutif Lemasa Odiseus Beanal, B. Sc menghimbau kepada karyawan Amungme tidak terlibat dalam aksi-aksi yang berujung pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan  karyawan Amungme yang Mogok Kerja (Moker) melamar kembali pada kontraktor. Sehingga karyawan Amungme bisa kembali bekerja di Freeport.

"Lemasa dari awal sudah sampaikan kepada teman-teman karyawan Amungme yang mogok kerja agar kembali bekerja," kata Odiseus kepada Salam Papua melalui selulernya ke redaksi Salam Papua, belum lama ini.  

Menurutnya, karyawan Amungme tidak harus ikut-ikut dalam aksi-aksi yang menentang perusahaan, sebab nantinya berujung pada PHK. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan berdampak pada ekonomi keluarga. Selain itu, Freeport merupakan rumah bagi masyarakat Amungme sehingga apa yang didapat saat ini harus disyukuri. Sebab tidak mungkin masyarakat Amungme bisa mencari pekerjaan di daerah lain dengan SDM yang terbatas, itu perlu dipikirkan baik-baik.

"Kami juga telah sampaikan kepada karyawan yang suku amungme agar tdk ikut-ikutan. Karena jika mereka di PHK karna tidak mendengarkan kami berarti itu adalah resiko," ujarnya.

Dia mengisahkan, dirinya pernah mengajak pimpinan SPSI agar berkoordinasi dengan pihak Lemasa dalam hal bertukar pikiran untuk mencari solusi dari persoalan yang dihadapi oleh SPSI. Namun ajakan itu  tidak ditanggapi baik pimpinan SPSI.

"Kami pernah mengajak Bapak Aser Gobay untuk menyampaikan aspirasi mereka ke Lemasa dan mungkin kami bisa tukar pikiran dan cari solusi bersama. Namun beliau menolak dengan mengatakan bahwa tidak ada hubungan SPSI & LEMASA," katanya.  

Dia meminta kepada karyawan Amungme apabila telah di PHK akibat Moker dan non karyawan Amungme  melamar kembali pada kontraktor supaya  bisa kembali bekerja di Freeport.

"Sekarang hanya ada pilihan buat teman karyawan yg mogok, kembali bekerja lewat kontraktor," pintanya (Ricky Lodar).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment