Karyawan Korban PHK Melakukan Aksi Anarkis

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Aksi Anarkis dilakukan ratusan bahkan ribuan karyawan korban PHK PT Freeport Indonesia (PTFI) di Check Poin Mile 28, Sabtu (19/8). Aksi anarkis dilakukan dengan membakar kendaraan kerja yang menjadi fasilitas milik PTFI serta merusak puluhan kendaraan roda dua milik karyawan yang bekerja.


Berdasarkan pantauan Salam Papua dilapangan menerangkan, aksi massa terjadi sekiyar sejak pukul 15.00 WIT. Ratusan massa karyawan berkumpul di bundaran check point 28 dan masuk ke area dalam melakukan pengrusakan dan pembakaran.


video
Video Aksi Anarkis yang dilakukan 
Karyawan Korban PHK

Tampak sudah ada sekitar 3-4 kendaraan roda empat dan jenis trailer yang dibakar oleh massa. Motor-motor yang terparkir di tempat parkir check point 28 dirobohkan dan dirusak. Tidak segan-segan motor diangkat dan dibuang pada kali yang berada dekat pos check point 28.

Puluhan aparat dari kepolisian telah disiagakan di lokasi kejadian bersama sejumlah anggota TNI. Namun belum bisa menenangkan massa yang jumlahnya melebihi aparat. Sehingga aparat hanya berjaga-jaga dilokasi kejadian mengantisipasi adanya aksi yang mengganggu masyarakat lainnya.

Ketua DPRD Mimika Elminus B. Mom sempat mendatangi bundaran check point 28 dan memberikan imbauan agar massa tidak melakukan aksi yang dapat menimbulkan gesekan dengan masyarakat lain.

"Tolong jangan membuat tindakan yang berlebihan yang dapat mengganggu atau melibatkan masyarakat lainnya. Kalau mau rusak barang silahkan, itu bisa diganti. Tapi kalau manusia itu tidak bisa diganti," imbau Elminus.

Dilokasi kejadian petugas kepolisian dipimpin Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa masih menyiagakan pasukannya, belum melakukan upaya untukenghentikan aksi massa.

Belum diketahui juga apa yang menjadi tuntutan karyawan PHK sehingga melakukan aksi anarkis seperti ini.

Hingga berita ini diturunkan, massa masih melakukan upaya-upaya pengrusakan sejumlah fasilitas milik perusahaan.

Aksi berlangsung sejak pukul 15.00 WIT. Hingga pukul 16.00 WIT, massa masih menduduki check point 28. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment